Ka Badan: Jabatan adalah Amanat yang Harus Dilaksanakan dengan Baik

[cml_media_alt id='2055']Sertijab Balitbangtan[/cml_media_alt]JAKARTA – Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono melantik 24 pejabat struktural lingkup Badan Litbang Pertanian yang terdiri dari 14 orang pejabat struktural III/a, 5 orang pejabat struktural III/b, 4 orang pejabat struktural IV/a dan 1 orang pejabat struktural V/a, Selasa (10/4/2012).

Pelantikan sekaligus penandatanganan Pakta Integritas dan Serah Terima Jabatan ini merupakan tindak lanjut dari penataan organisasi Unit Pelaksana Teknis Badan Litbang Pertanian serta dalam rangka mengisi posisi pejabat struktural yang memasuki batas usia pensiun dan meninggal dunia. Selain itu, terkait dengan dual track system, pelantikan ini diselenggarakan dalam rangka mengoptimalkan pejabat fungsional peneliti yang merangkap struktural untuk kembali ke civitas-nya memperkuat kelompok-kelompok peneliti.

Kepala Badan Litbang Pertanian, dalam kesempatan ini berpesan agar kegiatan riset yang bersifat scientific harus ditingkatkan, berikut kegiatan yang bersifat kajibangrap salah satunya UPBS, kebun percobaan yang harus segera diselesaikan pada 2012 paling lambat 2013. Selain itu, yang terkait denganimpact based activity juga harus ditingkatkan, seperti Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

KRPL ini, jelas Kepala Badan Litbang Pertanian, telah menjadi model yang diterima oleh banyak lapisan. Dijelaskan bahwa pada 2013 mendatang Badan Ketahanan Pangan mendapat anggaran 420 milyar rupiah untuk pengembangan KRPL yang kegiatan tersebut memerlukan dukungan penuh dari Badan Litbang Pertanian dalam hal ini BPTP.

Kehadiran Kebun Bibit Desa (KBD) dan Kebun Bibit Inti (KBI) pun penting peranannya. Oleh sebab itu, Kepala Badan Litbang Pertanian secara spesifik berharap kepada para Kepala BPTP khususnya Kepala yang baru untuk serius mengembangkan KBI tersebut untuk mensuplai kebun bibit di provinsi yang bersangkutan.

Pada akhir acara, Kepala Badan Litbang Pertanian mengingatkan bahwa pekerjaan sudah menunggu untuk diselesaikan oleh karena itu segera berkonsolidasi, segera bekerja, dan segera berprestasi. “Bagi pejabat yang kembali ke dalam jabatan fungsional dan memasuki batas usia pensiun, Kepala Badan Litbang Pertanian mengucapkan terima kasih atas sumbangan tenaga dan pemikiran, serta semoga kebaikan itu dicatat sebagai amal ibadah oleh Tuhan Yang Maha Esa. Untuk pejabat yang meninggal dunia semoga mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” tutup Kepala Badan Litbang Pertanian.

Kepala Badan Litbang Pertanian menambahkan, jabatan adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Oleh karenanya, peningkatan kinerja dan interaksi yang harmonis dengan segenap pemangku kepentingan merupakan indikator yang menunjukkan amanah jabatan telah diemban dengan baik.

 

Sumber: Balitbangtan

Related Post

Tinggalkan Balasan