Jestro Ag5 Calon Varietas Unggul yang Siap Dikembangkan

[cml_media_alt id='2276']Anggur Ag 5[/cml_media_alt]Anggur merupakan salah satu komoditi buah-buahan yang bergizi dan mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. Kulit buah anggur yang berwarna merah mempunyai potensi kandungan resveratrol yang mencapai 1,5 – 3 mg/liter. Balitjestro sebagai balai penelitian mempunyai koleksi plasma nutfah anggur yang lengkap di KP Banjarsari. Berbagai varietas baik yang sudah dilepas maupun yang mempunyai potensi untuk dikembangkan dan dilepas ada disana. Untuk mengembangkan anggur Ka Balitjestro memberikan tugas kepada peneliti untuk meneliti varietas anggur yang mempunyai keunggulan untuk segera didaftarkan untuk pelepasan varietas agar lebih fokus dalam pengembangannya di masyarakat terutama petani.

Berdasarkan karakterisasi yang telah dilakukan tim plasma nutfah banyak aksesi anggur yang rasanya cenderung asam dan tidak enak bila dimakan sebagai buah meja. Namun demikian, anggur-anggur tersebut berpotensi sebagai bahan baku olahan dan salah satunya sebagai bahan baku jus dan sirup. Salah satu varietas yang saat ini akan dilepas adalah Jestro Ag5. Anggur Jestro Ag5  merupakan jenis anggur yang rajin berbuah, bahkan saat musim hujan. Kelemahan dari varietas ini adalah tandan buah yang pendek, sehingga berdampak pada produksi buah yang relatif rendah. Namun demikian produksi buah anggur Jestro Ag5 dapat ditingkatkan dengan budidaya yang optimal.

Anggur calon varietas Jestro Ag5  mempunyai keunggulan pada warna jus buah merah keunguan dengan aroma yang tajam sehingga berpotensi sebagai bahan baku minuman jus, sirup dan bahan baku industri lainnya. Jus anggur ditemukan berhasil menekan pertumbuhan sel kanker kanker payudara (Anonim, 2008). Selain itu jus segar dan jus komersial merupakan sumber antioksidan fenolic yang dapat berperan mencegah atherosclerosis dan serangan jantung koroner (Anonim,1998).

[cml_media_alt id='2277']jus anggur[/cml_media_alt]Potensi ekonomis juga merupakan salah satu keunggulan anggur Jestro Ag5 ini, jika petani mengupayakan  budidaya seluas 1ha, dengan tanaman  umur 5 tahun dengan asumsi produksi per pohon 10  kg per pohon dengan harga jual  saat panen Rp.10.000,-  maka pendapatan kotornya sebesar   Rp 60.000.000,-. Pendapatan ini akan meningkat apabila buah anggur jestro Ag5 dimanfaatkan sebagai bahan baku jus atau sirup. Untuk melihat tingkat kesukaan konsumen terhadap jus anggur dilakukan uji preferensi konsumen terhadap beberapa buah anggur yang di jus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsumen menyukai jus yang beraroma tajam daripada yang tidak beraroma. Dengan hasil seperti ini menunjukkan bahwa anggur Ag5 mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan. (Tim Plasma Nutfah/Fajar)

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event