Jestro Ag 45 Varietas Unggul Baru Anggur Nusantara

Anggur jestro Ag 45
Anggur jestro Ag 45

Anggur merupakan salah satu komoditi buah-buahan yang bergizi dan mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. Badan Litbang Pertanian  mempunyai koleksi plasma nutfah anggur dengan 48 aksesi  di KP Banjarsari.

Salah satu varietas yang baru saja di lepas oleh Menteri Pertanian adalah Jestro Ag 45 berdasar SK pelepasan varietas Nomor 006/Kpts/SR.120/D.2.7/1/2015 tertanggal 12 Januari 2015. Anggur ini dapat beradaptasi dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian 2-230 m dpl dengan curah hujan rendah. Kelebihan dari anggur ini adalah kandungan jus tinggi, rasa manis segar dengan kadar gula 17-21°brix  dan daging yang crispy atau renyah.

Selanjutnya anggur Jestro Ag 45  mempunyai keunggulan pada dompolan buah yang sangat rapat dengan warna buah ungu  kehitaman  dan berbentuk bulat  . Keunggulan lainya terletak pada jumlah tandan yang banyak, daya hasil tinggi,  tingkat kerontokan buah masak rendah sehingga dapat bertahan dalam pengemasan. Disamping itu dengan berat buah per tandan 250-560 gram sehingga dalam satu tanaman bisa mencapai 32-58 kg. Dengan produktivitas seperti itu maka dalam satu hektar hasil produksi bisa mencapai 10-20 ton pada musim panen dengan jumlah tanaman ± 500 pohon.

Rasanya yang manis dan bentuk buahnya yang menarik serta crispy  menjadikan anggur ini sangat pas untuk dijadikan buah meja.   Dengan kondisi seperti itu anggur ini sangat potensial untuk dikembangkan untuk bersaing sekaligus mensubstitusi anggur impor yang telah membanjiri pasaran dalam negeri. [fajar/balitjestro/sumber: Tim SDG Balitjetro]

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event