Jeruk Sitaya Agrihorti

Nimas AgrihortiPenyediaan varietas unggul jeruk merupakan suatu langkah untuk menyediakan varian produk mengikuti perkembangan selera konsumen dengan berbagai tujuan. Perubahan preferensi makanan ke arah makanan fungsional mendorong penyediaan tipe jeruk untuk konsumsi segar. Budaya masyarakat memelihara tanaman buah di pekarangan mempermudah mendekatkan buah fungsional konsumsi segar ini ke tengah-tengah  masyarakat dalam sistem KRPL.

Jeruk Sitaya Agrihorti merupakan satu dari banyak buah jeruk tipe fungsional yang potensial dikembangkan sebagai tanaman pekarangan di dalam pot. Sebagai tipe jeruk yang rajin berbuah dengan cita rasa yang enak, dapat tumbuh di berbagai ketinggian, diyakini segera menjadi salah satu jeruk favorit. Pendaftaran secara resmi akan memberikan legalitas dalam setiap aspek agribisnis pengembangan jeruk Sitaya Agrihorti secara luas memiliki dasar yang kuat.

Jeruk Sitaya Agrihorti berasal dari keluarga jeruk Siam yang memiliki rentang adaptasi yang luas, dari dataran rendah hingga tinggi. Tipe jeruk ini dapat tumbuh baik di media tumbuh terbatas seperti pot sebagai tambulampot dan/atau di lapang. Sebagai tanaman tambulampot dia rajin berbuah sepanjang tahun. Ukuran buah yang tidak terlalu besar, rasa yang hanya manis dengan kulit buahnya yang kuning menjadi daya tarik. Oleh karena itu sangat tepat sebagai komponen KRPL dalam mencukupi kebutuhan makanan fungsional bersumber dari pekarangan.

Sitaya 3Buah jeruk sudah dikenal sebagai bahan alami fungsional. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan sangat berguna sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi penyakit. Vitamin C mempunyai peranan dalam sintesa protein yang diperlukan dalam pembentukan respon imun dan biosintesa kolagen untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Protein berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan ataupun memperbaharui jaringan yang sudah tua.

Jeruk Sitaya Agrihorti dapat ditanam di lahan atau di dalam pot dengan sama produktifnya. Tanaman akan mulai berbuah pada umur tanaman 1,5-2 tahun,  produktivitas setiap pohon mencapai 11-18 Kg.

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event