Jeruk Rimau Gerga Lebong, Unggulan Lokal yang Siap Menuju Pasar Internasional

Jeruk Gerga LebongJeruk keprok Rimau Gerga Lebong menurut sejarahnya berasal dari Israel, lewat Thailand, ditanam di Kabupaten Karo Sumut, dan kemudian dibawa dan ditanam oleh Bp. Gerga di Lebong Bengkulu yang hingga sekarang baru tertanam 2500 pohon atau setara dengan 50 ha. Tanaman jeruk Rimau Gerga Lebong merupakan salah satu komoditas potensial Desa Rimbo Pengadang Kecamatan Rimbo Pengadang Kabupaten Lebong karena mampu meningkatkan penghasilan masyarakat. Dengan warna yang kuning dan rasanya yang manis segar dah buahnya yang cukup besar menjadikan jeruk ini sangat potensial untuk dikembangkan. Jeruk keprok ini dapat dijadikan salah satu produk unggulan hortikultura daerah  maupun nasional.

Jeruk keprok ini belum dilepas oleh menteri Pertanian sehingga diperlukan kebijakan dalam penyediaan bibitnya untuk tahun 2011 dan 2012 sambil menunggu ketersediaan bibit jeruk bebas penyakitnya yang segera disiapkan dan baru tersedia pada tahun 2013. Karena peluang pasar yang terbuka lebar, pemilik ingin mengembangkan jeruk ini, demikian pula  dengan pemerintah kabupaten Lebong yang akan  memanfaatkan lahan tidur seluas 6000 ha di kabupaten Lebong untuk ditanami jeruk keprok yang menjanjikan ini. Balitjestro dan BPTP Bengkulu akan melakukan penelitian/pengkajian aspek penting budidaya, pengelolaan pasca panen, pemasaran,  dan kelembagaan petani mendukung keberhasilan pengembangan kawasan jeruk keprok Rimau Gerga Lebong.

Menurut rencana, pada tahun 2012 pengembangan direncanakan menjadi 200 ha atau setara dengan 40.000 bibit.  Padatahun 2013 ditargetkan untuk areal seluas 500 ha atau setara dengan 100 bibit jeruk bebas penyakit atau berlabel biru. Pendampingan penerapan teknologi merupakan tanggungjawab dari PPL, POPT, Mantri Tani di BPP setempat.  Karena keterbatasan pengetahuan dan ketrampilan petugas lapang tersebut ( fokus ke padi dan tanaman pangan lainnya), maka mereka perlu mendapat pelatihan intensif.  Balitjestro dan BPTP Bengkulu akan melaksanakan pendampingan kawasan agribisnis jeruk sesuai kapasitas, kebutuhan, ketersediaan dana secara proposional dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan pengembangan budidaya jeruk Rimau gerga Lebong .

(Sumber : Ir. Arry Supriyanto, MS)

 

Tinggalkan Balasan

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah