Jeruk Mulyorejo Siap Panen


Bupati Tuban Fathul HudaSinggahan.
Para petani jeruk di Desa Mulyorejo Kecamatan Singgahan bakal bisa segera menikmati kerja kerasnya. Beberapa hari lagi, jeruk yang sudah ditanam sejak 2010 itu bisa dipanen.

 

“Sepuluh hari lagi sudah bisa dipanen,” kata sekretaris Dinas Pertanian (Disperta) Tuban, Sumiyati kemarin (18/06).

 

Tanaman jeruk tersebut ditanam di lahan seluas 78 hektar. Pengelolaannya dilakukan oleh kelompok tani desa setempat. Menurutnya, jenis jeruk keprok yang ditanam yakni jeruk keprok tejakula dan madura.

 

Menurut dia, menanam jeruk memang menjadi hal baru bagi petani. Sebab, sebelumnya petani belum pernah menanam jeruk. “Ini program dari Kementerian Pertanian,” tuturnya.

 

Selain Desa Mulyorejo, tutur Sumiyati, kebun jeruk juga berada di Desa Mulyoagung dan Tingkis. “Masing-masing desa ada kelompok taninya,” tuturnya.

 

Disinggung soal penjualannya, Sumiyati mengaku untuk sementara masih untuk mencukupi kebutuhan lokal.

 

Bupati Tuban Fathul Huda yang kemarin mengunjungi kebun jeruk itu mendukung penuh inovasi terhadap pertanian yang sudah menjadi mata pencaharian terbesar masyarakat Bumi Wali. “Pertanian harus dikembangkan, terutama hortikultura seperti jeruk, melon dan belimbing,” ujarnya.

 

Dia menambahkan, pertanian dengan kualitas bagus dan dapat bersaing ditambah dengan tata niaga yang baik akan membuat para petaninya sejahtera.

 

Huda mengaku senang dengan keberhasilan tanaman jeruk yang ditanam di lahan bebatuan. “Itu membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika digarap dan ditemukan cara yang tepat,” tandasnya. (aam/wid/)

sumber : Jawa Pos 19 Juni 2014

Jeruk Mulyorejo Siap Panen

Jeruk Tuban varietas keprok Tejakula di lahan Sunarko, Mulyorejo, Singgahan, Tuban siap panen

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event