Jeruk Diantara Padi

Tanaman jeruk disela-sela tanaman padi
Tanaman jeruk disela-sela tanaman padi

Jeruk sebagai komoditas hortikultura dapat ditanam bersandingan dengan tanaman pangan. Hal ini dapat dilihat di kawasan TTP Pacitan dimana beberapa varietas jeruk ditanam berdampingan dengan padi gogo dan kedelai.

Kondisi tanaman yang tumbuh dengan bagus menunjukkan adanya penerapan teknologi budidaya dengan baik. Jenis varietas yang ditanam adalah varietas dataran rendah yang sesuai dengan kondisi daerah yang ada. Beberapa varietas tersebut antara lain, Manis Pacitan, Keprok Tejakula, Keprok Terigas, Siam Madu dan Keprok Madura. Tanaman-tanaman tersebut ditanam di sela-sela tanaman padi gogo. Di beberapa daerah sistem ini sudah diterapkan antara lain di Banyuwangi, kemudian lahan pasang surut di daerah Kalimantan dan dengan pengeloaan yang baik hasilnya cukup bagus dan sangat menguntungkan.

Dengan kondisi lahan yang memungkinkan masyarakat dapat mempraktekan tumpangsari padi dengan jeruk untuk menambah pendapatan hasil taninya. Karena dengan produksi yang bagus akan menambah pendapatan petani sekaligus meningkatkan kesejahteraannya. Untuk budidayanya masyarakat dapat belajar di TTP setempat karena disana telah tersedia sarananya dan didampingi oleh para petugas yang ada.

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event