Jeruk dan Daya Tariknya di Mata Investor

N Priyang Mangku (Executife Director) Bulir Padi

Agribisnis buah khususnya jeruk sampai dengan saat ini masih menjadi pilihan yang menjanjikan. Terbukti Balitjestro belum lama ini kedatangan investor atau pelaku agribisnis khususnya hortikultura yaitu Stephen, N Priyang Mangku, dan Fajri dari Bulir Padi Lintas Nusantara. Rombongan berdiskusi dan berkeliling ke Kebun Percobaan Tlekung ditemani Kepala Pelayanan Teknis Dr. Harwanto.

Tujuan Kunjungan ke Balitjestro adalah ingin mengetahui dan melihat secara langsung terkait dengan prospek agribisnis jeruk dan buah subtropika. Respon yang disampaikan oleh tamu tersebut menunjukkan rasa keheranan setelah melihat dan diskusi secara langsung terkait inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh Balitbangtan khususnya jeruk.

Beberapa wilayah pengembangan jeruk telah terbukti sukses dan mampu mengangkat kesejahteraan petani yang menanamnya seperti di Dau, Kabupaten Malang. Dengan skala pengelolaan lahan yang lebih luas tentunya investor akan lebih mudah mengontrol input, proses dan output dalam penerapan pengelolaan terpadu kebun jeruk sehat (PTKJS).

Setelah melihat sendiri, pelaku agribisnis berkeyakinan bahwa bentuk dan kualitas jeruk nusantara kita tidak kalah dengan jeruk impor. Indonesia mampu memenuhi kebutuhan buah sendiri tanpa tergantung impor. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh buah nusantara. Dan Balitjestro sebagai penyedia teknologi siap mendukung penuh berbagai pihak yang mengembangkan buah nusantara, khususnya jeruk.

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event