Jenis Jeruk Yang Berkembang di Indonesia

 

 

Berbagai macam jenis jeruk banyak berkembang di Indonesia. Pengembangannya pun hampir ada disetiap provinsi di Indonesia. Jenis yang berkembang tersebut adalah

  1. Siam

Jenis ini paling populer di masyarakat. Adapun varietas yang dikembangkan diantaranya Siam Pontianak, Siam Banjar, Siam Madu, Siam Gunung Omeh, Siam Kintamani. Dari data BPS sebagian produksi jeruk nasional didominasi oleh jeruk Siam. Hal ini disebabkan tanaman yang mampu beradaptasi di dataran rendah – tinggi.

  1. Keprok

Jeruk Keprok pada umumnya memiliki rasa manis asam segar. Pengembangan buah ini lebih sedikit dibandingkan dengan jenis siam. Karena beberapa varietas membutuhkan agroklimat tertentu. Beberapa jenis yang kita kenal diantaranya Keprok Batu 55, Keprok Soe, Keprok Terigas, Keprok Gayo, Keprok Brastepu, Keprok Maga, Keprok Kacang, Keprok Selayar, Keprok Siompu . Keunggulan dari keprok adalah warnanya yang oranye dengan ukuran sedang.

  1. Pamelo

Buah yang sering dekanl masyarakat dengan jeruk bali ini beragam jenisnya. Pamelo memiliki ukuran yang besar dan berkulit tebal. Jenis yang berkembang diantaranya Nambangan, Magetan , Giri Matang, Pangkajene Merah dan Putih, Bageng Taji, Sigola – Gola, Raja, Ratu, Sri Nyonya Astano dan beberapa jenis yang lain. Sentra produksi terbesarnya di Sulawesi Selatan.

  1. Manis

Jeruk manis bisa juga disebut sebagai jeruk iris, karena kulit buah kebanyakan tidak dapat dikupas. Pemanfaatan jeruk manis ini biasanya dengan cara diiris atau diperas. Segmen menyatu satu sama lain hingga sulit untuk dipisah-pisahkan. Buah yang banyak dikembangkan adalah Manis Pacitan dengan sentranya di Jawa Timur. Jeruk manis sendiri cocok ditanam di dataran rendah maupun tinggi sehingga sangat potensial untuk dikembangkan.

  1. Nipis

Jeruk nipis banyak dimanfaatkan masyarakat untuk minuman, masakan dan fungsional lainnya. Nipis yang berkembang nipis borneo, dan  Kalamansi. Selain itu masih ada varietas yang belum didaftarkan varietasnya namun sudah berkembang di masyarakat.

  1. Lemon

Jeruk lemon saat ini mulai banyak dikembangkan masyarakat baik dalam skala kecil maupun skala kebun. Buah ini  memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan.  Manfaat lemon sendiri dapat membantu menurunkan berat badan, antibodi, menyegarkan nafas, melancarkan pencernaan dan lainnya.

  1. Purut

Jeruk purut sudah banyak di gunakan oleh masyarakat sebagai bumbu masakan selama ini. Buah maupun daun dari jeruk ini mempunyai rasa tersendiri dalam masakan. Selama ini sudah ada beberapa daerah yang mengembangkan tanaman ini baik di lahan maupun pekarangan rumah. Tanaman ini cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Agenda

no event