Jenis Jeruk Siam yang Populer di Indonesia

Jeruk siam paling populer di masyarakat. Di berbagai temapat jenis ini yang paling banyak kita temui, baik di pasar tradisional maupun modern. Dari data BPS sebagian produksi jeruk nasional didominasi oleh jeruk Siam. Daerah penghasil terbesar jeruk siam diantaranya Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat.

Adapun varietas yang populer diantaranya

  1. Siam Pontianak

Buah ini berasal dari Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Ciri- cirinya manis, berwana hijau kekuningan, tekstur buah halus dengan warna daging buah oranye. Siam Pontianak mampu berproduksi 60 – 80 kg/pohon/tahun. Adaptasinya di dataran rendah

  1. Siam Madu

Buah ini berasal dari Karo, Sumatera Utara. Cirinya manis, warna kulit oranye dan bentuk buah bulat pipih dengan warna daging buah oranye. Area pengembangan di dataran tinggi dengan produktivitas 50 – 70 kg/pohon/tahun.

  1. Siam Gunung Omeh

Buah ini berasal dari Kecamatan Gunung Omeh, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Cirinya manis, ukuran buah reltif besar 300 – 400 gr/buah dengan warna kulit buah oranye. Selain itu bentuk buahnya bundar pipih. Area pengembangan di dataran tinggi dengan produktivitas 50 – 70 kg/pohon/tahun.

  1. Siam Kintamani

Buah ini berasal dari Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Cirinya manis bentuk buah bundar agak pipih dengan warna kulit buah kuning – oranye. Area Pengembangan di dataran tinggi dengan produktivitas 40 – 60 kg/pohon/tahun

  1. Siam Banjar

Buah ini berasal dari Kp. Sungai Madang, Desa Gudang Hirang, Kec. Sungai Tabuk, Kab. Banjar, Prop. Kalimantan Selatan. Cirinya manis dengan kulit tebal mudah dikupas dan warna buah kuning- kehijauan dan berbentuk bulat gepeng. Warna daging buahnya oranye dengan araoma lembut. Buah ini cocok ditanam pada lahan pasang surut yang tidak tergenang langsung/daerah resapan, kanopi tinggi.

 

Agenda

no event