Jamur Merah kendalikan kutu sisik secara alami

Kutu sisik merupakan salah satu hama utama pada tanaman jeruk. Serangan berat akan mengakibatkan ranting dan cabang menjadi kering serta terjadi retakan-retakan pada kulit.

Kutu menyerang daun, ranting dan buah, menyukai tempat-tempat yang terlindung, seperti di bagian bawah permukaan daun di sepanjang tulang daun. Daun yang terserang akan berwarna kuning, terdapat bercak-bercak klorotis dan seringkali membuat daun menjadi gugur

Disamping dikendalikan secara mekanis dan kimiawi, kutu sisik ternyata mempunyai predator alaminya di alam yaitu Jamur Merah (Aschersonia sp).

Jamur merah merupakan jamur entomopatogen yang secara alami menginfeksi kutu sisik. Jamur ini tidak memparasit jaringan tetapi selalu berada diatas badan kutu sisik.

Jamur merah hanya menyerang famili kutu sisik (scale insect) yang hidup ataupun yang mati.

Keberadaan jamur ini sering dianggap menganggu tanaman padahal sebenarnya sahabat petani. Karena yang nampak hanya jamurnya saja sedangkan kutu sisiknya tidak kelihatan.

Oleh sebab itu keberadaan jamur ini perlu diperhatikan karena membantu dalam pengendalian kutu sisik secara alami di lapang. (af/sumber: materi pengendalian hama penyakit jeruk balitjestro)

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah