Interaksi Sinergi Yang Berbuah Produk Olahan Berbasis Jeruk

Kamis, 27/09/2018, Balitjestro sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Jeruk berinteraksi sinergi dengan Balai Besar Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) dalam mengadakan kegiatan Pelatihan Pengolahan Pangan Berbasis Jeruk. Hal ini dilakukan dalam rangka Penguatan Lembaga PUI melalui kegiatan diseminasi hasil inovasi dan sinergi dalam upaya peningkatan daya saing produk. Balai Besar Pascapanen berperan serta dalam penyediaan Narasumber sedangkan Balitjestro berperan serta dalam penyelenggaraan pelatihan baik penyediaan sarana prasarana kegiatan pelatihan maupun peserta pelatihan.

Pelatihan Pengolahan Pangan ini diadakan di Koridor Aula Citrus, Balitjestro. Kegiatan ini dibuka oleh Mutia Erti Dwiastuti selaku Ketua Tim PUI Balitjestro, dan sambutan dari Sunarmani, salah satu peneliti dari BB Pascapanen. Pelatihan ini dihadiri oleh 22 orang yang terdiri dari 20 orang peserta peneliti/teknisi Balitjestro dan 2 orang Narasumber dari BB Pascapanen.

Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil pembuatan produk olahan jeruk untuk mendukung kegiatan Taman Sains Pertanian (TSP) di Balitjestro. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini antara lain dodol jeruk, marmalade, permen jeruk, jus jeruk, lemon tea, dan ice cream jeruk. Sunarmani, salah satu narasumber dari BB Pascapanen, memandu pelatihan pembuatan produk makanan olahan jeruk, sedangkan Ermi Sukasih, narasumber lainnya dari BB Pascapanen, memandu pelatihan pembuatan produk minuman olahan jeruk.

Beberapa kendala yang muncul tidak berarti menghalangi jalannya pelatihan ini mengingat lokasinya yang cukup unik yaitu di koridor aula Citrus. Namun akhirnya pelatihan berlangsung dengan cukup lancar karena peserta antusias dan menikmati jalannya acara ini. Diharapkan nantinya produk-produk ini akan mengisi galeri Balitjestro dan akan diproduksi secara kontinyu. (Trifena)