Instruktur Pelatihan Kultur Jaringan Dasar Stroberi di SoE TTS, NTT

Pelatihan Kultur Jaringan SoE TTS NTT

Selama 4 hari dari tanggal 18-21 Agustus, peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) Ahmad Syahrian Siregar di undang oleh Dinas Pertanian Kab. Timor Tengah Selatan (TTS) Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk berbagi ilmu dan praktek tentang kultur jaringan dasar pada stroberi. Kegiatan berlangsung di laboratorium milik SMK Pertanian SoE yang di dukung peralatannya oleh Dinas Pertanian Kab. TTS. Laborataorium yang dipakai untuk praktek mempunyai fasilitas yang lengkap untuk melakukan praktek kultur jaringan Kegiatan diikuti oleh guru SMK dan Pegawai dari dinas pertanian sebanyak 10 orang.

Selama kegiatan diberikan teknik dasar kultur jaringan secara umum pengenalan alat-alat lab serta  bahan-bahan kimia yang digunakan untuk membuat media tanam, penggunaan hormon-hormon dasar untuk mempercepat pertumbuhan, teknik isolasi meristem stroberi, perbanyakan eksplan stroberi, dan juga cara aklimatisasi tanaman stroberi. Ekpslan stroberi kultur in vitro dan sebagian media bahan-bahan dasar instan untuk membuat media dibawa langsung dari lab. Balitjestro untuk melakukan praktek cara multiplikasi dan pembuatan media yang sederhana.

Pada Hari pertama dikenalkan teknik kultur jaringan secara teori setelah itu hari-hari berikutnya melakukan praktek langsung untuk kultur jaringan stroberi mengenai pembuatan media dasar inisiasi dan perbanyakan, teknik isolasi meristem stroberi dan aklimatiasi. Pada praktek pembuatan media setiap peserta dapat mengikuti prosedur pembuatan yang telah disiapkan dengan mudah tidak ada masalah yang krusial.

Tahap selanjutnya peserta dikenalkan tentang praktek isolasi meristem bagaimana cara memilih eksplan yang baik, cara disinfeksi yang efektif dan juga cara mengambil eksplan meristem yang tepat dengan bantuan mikroskop stereo. Setelah itu peserta dikenalkan bagaimana cara untuk memperbanyak eksplan dengan cara memisahkan tunas-tunas serta melakukan pencacahan bagian dari bagian batang eksplan stroberi untuk mempercepat proses terjadinya tunas. Terakhir adalah melakukan aklimatiasasi menggunakan media arang sekam dan proses penyungkupan tanaman. 

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event