Inisiasi Kerjasama Balitjestro dengan PT MSM/TTN, Pemerintah Minut dan Bitung

Kamis, 24/11/2016 Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) menerima kunjungan dari PT Meares Soputan Mining/PT Tambang Tondano Nusajaya bersama dengan beberapa perangkat desa Kabupaten Minahasa Utara (Camat, Kepala Desa, Lurah), dan Asisten I Kota Bitung)

Tujuan mereka berkunjung ke Balitjestro adalah untuk menindaklanjuti kunjungan tim ahli Balitjestro bulan lalu di wilayah lingkar tambang PT MSM/TTN, sebuah Perusahaan tambang emas di Minahasa Utara (Minut) dan Bitung. Hal ini terkait dengan rencana pengembangan budidaya tanaman jeruk bagi masyarakat di Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara dan Kecamatan Ranowulu Kota Bitung.

Kegiatan kunjungan diawali dengan penyampaian maksud tujuan kunjungan oleh Jojo, perwakilan dari bagian CSR PT MSM/TTN. Kemudian dilanjutkan sambutan selamat datang dari Kepala Balitjestro, Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP dan sekilas penjelasan mengenai Profil Balitjestro.

Selain itu dijelaskan pula mengenai prospek agrowisata pengembangan buah di Minahasa Utara oleh Ir. Arry Supriyanto, MS, salah satu anggota tim ahli Balitjestro yang pernah mengunjungi wilayah lingkar tambang tersebut. Mereka sangat antusias untuk mengembangkan jeruk dataran rendah, sesuai dengan agroklimat daerah mereka, serta tertarik pula untuk mengembangkan tanaman anggur.

Sebelum pulang, para peserta kunjungan sekitar 20 orang itu dibawa ke Kebun Punten untuk melihat perbenihan jeruk disana. (trifena)

Related Post