Industri Jeruk di Australia, Sebuah Potret Kesinambungan Penanganan Agrobisnis Jeruk dari Hulu sampai Hilir

Pemerintah Indonesia melalui Badan Litbang Pertanian, Departemen Pertanian telah menandatangani naskah kerja sama dengan pemerintah Australia melalui the Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR), yaitu Proyek SMAR//2007/196 dengan judul “Pengembangan Pemasaran Jeruk di Indonesia Bagian Timur” selama tiga tahun, mulai tahun 2008 – 2010. Unit Pelaksana Teknis yang terlibat yaitu Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) sebagai national project coordinator, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Timur, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Selatan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Tenggara, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur.

Adapun tujuan kerja sama ini adalah 1) mengenalkan dan membantu pengembangan bisnis pemasaran dalam rantai pasok jeruk keprok; 2) mengembangkan cara pengelolaan untuk memperbaiki pemasaran jeruk keprok, dan 3) mengembangkan pengelolaan pasca panen untuk memperbaiki pemasaran jeruk keprok. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, pada kerja sama ini telah diagendakan studi banding bagi penanggung jawab kegiatan dari institusi terkait ke Australia dengan biaya ACIAR.

1. Mildura Fruit Company (MFC)

MFC, Mildura merupakan salah satu pabrik pengepakan buah jeruk siap ekspor terbesar di Australia. Hampir semua jenis jeruk yang ditangani yaitu keprok/mandarin, lemon, tangelo, dan jeruk manis. Jeruk diperoleh dari petani jeruk/grower, yang jumlahnya sekitar 1200 petani baik kecil maupun besar. Untuk jeruk keprok biasanya pengepakan dilakukan mulai bulan April hingga Oktober, sedangkan jenis manis mulai bulan Mei hingga pertengahan Desember. Sekitar 90 % jeruk hasil pengepakan diekspor ke Eropa dan USA, hanya 10 % untuk domestic. Pada bulan Juni, Juli dan Agustus pabrik ini sangat sibuk.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum pengepakan buah jeruk mulai dari pencucian, perlakuan buah, grading, sortasi, waxing, seleksi buah, pelabelan buah sampai pengepakan buah.

2. Murray Valley Citrus Board, Mildura

Murray Valley Citrus Board didirikan pada tahun 2004 dibawah lisensi Victorian and kesepakatan dengan New South Wales dan asosiasi petani. Organisasi ini murni dibiayai oleh asosiasi petani berdasarkan panen buah (Au $5,50 per ton buah). Organisasi ini merupakan sumber informasi alih teknologi. Asosiasi yang bergabung terdiri dari atas 430 petani pengelola jeruk (growers) dan 45 pengusaha packing house. Adapun fungsi organisasi ini antara lain: 1) merencanakan, membiayai dan memfasilitasi penelitian dan pengembangan jeruk; 2) memfasilitasi adopsi dan komersialisasi hasil penelitian dan pengembangan jeruk; 3) merencanakan dan membiayai serta memfasilitasi pengembangan pasar; dan 4) merencanakan, membiayai dan memfasilitasi pengendalian hama dan penyakit jeruk serta mengontrol buah jeruk untuk dipasarkan di tingkat domestic dan internasional.

Organisasi ini juga membuat dan menyediakan publikasi seperti panduan budidaya jeruk, buku penyakit, system pengairan jeruk, dan informasi varietas jeruk yang dapat dibeli oleh petani. Informasi lainnya yang berhubungan dengan statistic tanaman, jumlah petani jeruk, export juga tersedia. Keberadaan organisasi ini sangat bermanfaat bagi petani dan pengambil kebijakan. Selanjutnya organisasi ini di dukung oleh institusi Pengembangan Industri yang bertanggung jawab untuk memfasilitasi komunikasi kepada petani jeruk di Murray Valley tentang hasil-hasil penelitian jeruk yang dilakukan oleh Murray Valley Citrus Board.

3. Dareton Research Station

Dereton Researc Station didirikan khusus melakukan penelitian perbaikan tanaman (Crop Improvement) dan evaluasi batang bawah jeruk termasuk tanaman anggur. Di samping itu, terdapat koleksi plasma nutfah jeruk yang ditanam di lapang. Sekitar 20 varietas jeruk komersial dan lebih dari 39 varietas anggur komersial di tanam di tempat ini. Pusat ini juga menyediakan mata tempel dan batang bawah jeruk bagi petani jeruk.

Penelitian perbaikan varietas maupun batang bawah jeruk dilakukan cukup lama yaitu sekitar 15 tahun. Pusat ini juga melakukan topworking untuk mengganti varietas yang sudah ada dengan varietas baru. Beberapa kegiatan di Pusat ini dapat dilihat pada Gambar berikut.

4. AgriExchange (Yandilla Park)

Agri Exchange merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang perbenihan jeruk. Produksi benih jeruk sehat berkisar 500 – 750 ribu benih sebar. Sistem pengairan menggunakan drip fertigation,. Komposisi media dan pengisian media tumbuh dilakukan secara mekanik.

5. Fruit Doctors, Loxton, Riverland

Fruit Doctors merupakan perusahaan swasta yang terdaftar pada tahun 1994 dan bertujuan untuk menyediakan berbagai macam pelayanan kepada industry hortikultura di Riverland dan Sunraysia. Perusahaan ini dikendalikan oleh 8 pegawai yang mempunyai pengalaman di bidang hortikultura. Beberapa pelayanan yang ditawarkan antara lain: a) monitoring tanaman dan konsultasi IPM; b) pengeloaan kanopi, pruning, strategi pengairan dan cara budidaya; c) Analisa jaringan dan tanah; d) program penyemprotan fungisida; e) pengkajian kualitas pre/post harvest; dan f) persiapan pelatihan atau workshop.

6. Nippy’s Fruit Juice

Nippy’s Fruit Juice merupakan perusahaan prosesing jeruk untuk juice cukup besar di Australia Selatan. Setiap hari lebih dari 50 ton buah jeruk diproses menjadi minuman berupa juice. Tahapan pembuatan juice dapat dilihat pada Gambar berikut.

Ditulis ulang oleh Zainuri Hanif. Sumber: Laporan Perjalanan Dinas Dr. Hardiyanto, M.Sc ke Australia.

Related Post

Tinggalkan Balasan