HPS 2015: Komoditas Hortikultura Mempunyai Daya Tarik Tersendiri

Wakil Presiden Ri Jusuf Kalla sedang mencoba Teh Garcia  yang berasal dari ekstrak kulit manggis
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla sedang mencoba Teh Garcia yang berasal dariĀ  kulit manggis di saung Agro Inovasi Hortikultura

Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) merupakan even rutin yang setiap tahun diadakan pemerintah. Tahun ini HPS diselenggrakan di Palembang, Sumatera Selatan 16 sd 20 Oktober 2015.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Pertanian Dr. Amran Sulaiman dan beberapa pejabat terkait dari pusat maupun daerah. Acara ini diawali dengan pertemuan dengan petani Ogan Hilir dan dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan terhadap 48 peneliti berprestasi Balitbangtan dan Perguruan Tinggi. Kemudian Wakil Presiden dan rombongan berkeliling untuk meninjau arena Gelar Teknologi komoditas padi dan kedelai dan selanjutnya komoditas hortikultura.

Komoditas hortikultura terutama buah-buahan mempunyai daya tarik tersendiri. Komoditas yang ditampilkan sebagian besar buah tropika antara lain papaya, alpukat, buah naga, manggis, manga, terong belanda, anggur jeruk dan lainnya. Dalam kesempatan tersebut The Garcia yang berasal dari kulit manggis yang diproses dengan modern dan higienis menarik minat wapres karena fungsinya bagi kesehatan tubuh. Disamping itu tabulampot buah manggis juga diminati oleh rombongan wapres.

Dengan adanya kegiatan Hari Pangan Sedunia ini dapat dijadikan salah satu media diseminasi untuk mengenalkan inovasi teknologi Balitbangtan untuk diterapkan pengguna dalam mendukung pertanian sekaligus swasembada pangan yang telah dicanangkan pemerintah.

Tinggalkan Balasan