HIMADATA Universitas Brawijaya Belajar Perbanyakan Tanaman ke Balitjestro

Rabu 04/04/2018, Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) menerima kunjungan 40 mahasiswa HIMADATA (Himpunan Mahasiswa Budidaya Pertanian) Universitas Brawijaya untuk belajar perbanyakan tanaman jeruk.

Umi Nurul Taflikhah selaku staf jaslit mewakili Kabalai dalam menerima kunjungan tersebut. Kunjungan diawali dengan penyampaian sedikit pengenalan tentang Balitjestro kemudian langsung menuju tempat Praktek.

Materi Praktek disampaikan oleh Haryono mengenai perbanyakan vegetatif tanaman jeruk antara lain cangkok, okulasi dan grafting. Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok, para mahasiswa melakukan Praktek sendiri per kelompok dengan bahan yang telah disediakan dengan dibantu arahan dari Pemandu lapang Agus Suryadi dan Marsono.

Selanjutnya beberapa orang dari mereka diberi kesempatan ke Laboratorium STG untuk melihat micrografting yang merupakan salah satu proses untuk mendapatkan pohon induk jeruk yang bebas dari penyakit. Dengan kegiatan praktek ini diharapkan selain dapat menambah pengetahuan dan informasi kepada para mahasiswa juga dapat menambah keahlian mereka dalam perbanyakan tanaman jeruk. (trifena)