Hasil Penelitian Pascapanen Jeruk

(Research Result of Citrus Post Harvest)

Setiadjid dan Ridwan Tahir
Balai Besar Pasca Panen

RINGKASAN
Apabila kita melihat pohon industri pascapanen dan pengolahan jeruk maka yang pertama kita lihat adalah pascapanen buah jeruk segar, buah dapat dipisahkan antara kulit dan daging buah. Kulit dapat diambil minyaknya atau langsung dikeringkan menjadi bahan jamu tradisional sedangkan daging buah dapat diolah menjadi berbagai macam produk olahan antara lain pada buah juringan dalam sirop, diperas untuk kemudian dibuat jus langsung minum, puree, jam,jelly, marmalade, serta olahan lainnya. Tidak semua hasil penelitian pascapanen hasil penelitian dari Balai Besar Pascapanen Pertanian, namun demikian ada beberapa jenis yang merupakan hasil dari instansi lain misalkan untuk pembuatan manisan kulit buah telah banyak dikerjakan oleh BPTP Jawa Timur dan tidak akan diterangkan dalam pemaparan ini.
Penelitian pascapanen jeruk akan meliputi dari umur petiknya, kemudian bagaimana mengkontrol mikroba secara pascapanen, bagaimana memperpanjang umur simpan, bagaimana memperpanjang umur simpan, de greening atau penguningan kulit jeruk, bagaimana mengemas, teknologi atmosfir termodifikasi, serta bagaimana pengaruh pengangkutan.
Umur petik jeruk jenis Berkerach 240 hari, Kedu 231 hari, dan Madura 235 hari dari pembungaan; sedangkan jeruk Siam Garut 189 hari dari buah sebesar kelereng. Jeruk Siam Garut kulitnya bisa kuning walaupun tidak sebagus jeruk impor termasuk non-klimakterik dengan produksi etilen sangat kecil yakni <0,1 UL/Kg jam sehingga sebaiknya petik hingga kadar optimal.
Untuk degreening dengan ethrel perlu 500-2500 ppm dengan lama pencelupan 5-30 detik dengan suhu 23°C kuning seragam perlu 7 hari penyimpanan yang dirasakan pendek. Dengan gas asetilen 11.000 ppm memerlukan 4 hari sehingga masa distribusinya bisa lebih panjang. Sedangkan perlakuan gas awal yang terbaik adalah CO2 4% dan O2 15% dapat memperpanjang day a simpan 21 hari pada 15°C.
Pelilinan dengan formula lilin lebah 6% dapat memperpanjang umur simpan dari 9 hari menjadi 18 hari pada suhu kamar. Kitosan (0,5%) yang dicampur dengan emulsi (3%) juga dapat memberikan lapisan pada kulit buah. Selain pelilinan juga ………………………

Artikel lengkapnya bisa di download disini atau disini

Agenda

no event