Harapan Baru Petani Stroberi di Pulau Dewata

IMG-20140516-WA0006(1)Secercah harapan baru petani stroberi di pulau Dewata mulai terlihat dengan menghijaunya screen yang dimiliki oleh Ketua Gapoktan Wisata Agro Lestari yang berada di desa Pancasari Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Adalah I Nyoman Mara Ketua Gapoktan Wisata Agro Lestari yang masih bersemangat dalam mengembangkan tanaman stroberi di wilayah tersebut. Permasalahan utama yang dikeluhkan kelompok petani tersebut adalah sulitnya dalam mendapatkan benih stroberi yang sehat dan mempunyai kualitas prima. Selama ini mereka hanya mengandalkan benih yang diperoleh dari stolon yang ada di lapang, yang juga digunakan sebagai tanaman produksi buah stroberi.

Balitjestro telah  mulai menjawab permasalahan yang dikemukakan oleh kebanyakan petani stroberi melalui kegiatan penelitian “Teknologi Perbenihan Buah Subtropika yang dikomandani oleh Ir. Arry Supriyanto, MS. Benih stroberi yang diperbanyak melalui kultur meristem yang sudah diaklimatisasi telah diberikan kepada kelompok tani tersebut pada bulan Desember 2013 sejumlah 1000 tanaman untuk dilakukan pengujian lebih lanjut secara exvitro. Tanaman stroberi hasil kultur meristem tersebut diharapkan lebih sehat dan dapat beradaptasi di lapang dengan lebih baik.

Tanaman stroberi dalam screen

Sambutan yang baik juga telah diperoleh dari pihak dinas pertanian kabupaten Buleleng yang turut serta dalam kunjungan ke lapang bersama tim peneliti Balitjestro. Kedepannya, pendampingan tetap harus dilakukan secara aktif dengan melibatkan instansi-instansi terkait seperti BPTP dan dinas pertanian setempat sehingga transfer teknologi yang telah dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian, Kementrian Pertanian dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh para petani stroberi. [oka]

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event