Cerita Dibalik Gurita Jeruk Yang Pikat Pengunjung BITE 2016

20160803_142745
Para anggota tim kreatif sedang mensetting badan gurita yang akan ditempeli buah jeruk

Gurita jeruk yang menjadi salah satu ikon BITE 2016 menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung. Pengunjung mungkin penasaran dengan adanya ribuan jeruk yang disusun membentuk sebuah gurita sehingga tidak melewatkan untuk melihat sekaligus mengabadikan momen dengan latar gurita jeruk.

Gurita ini banyak menyedot perhatian bagi masyarakat, terlihat lokasi yang terus dipadati oleh pengunjung BITE 2016 selama berlangsungnya acara. Baik tua muda maupun anak-anak tampak asyik berfoto ria di sana. Bahkan kemeriahan terus berlangsung sampai pengunjung berebutan untuk mengambil jeruk yang menempel di badan gurita tersebut setelah penutupan acara.

20160803_142725
Ibu-ibu dari KP Punten sedang memilah-milah buah jeruk yang akan ditempelkan di badan gurita

Dibalik itu semua terdapat proses pembuatan dan ide yang dilakukan oleh tim kreatif yang di punggawani oleh kepala Kebun Percobaan (KP) Punten Kusnan . Ide gurita ini muncul untuk menunjukkan bahwa jeruk kita akan menggurita dan siap bersaing sekaligus mengganti jeruk impor. Menurut Kusnan varietas yang ditempelkan untuk membentuk badan gurita adalah jenis keprok soe dan tejakula sedangkan untuk mata adalah jenis pamelo yang semuanya jeruk kita sendiri.

20160803_222814
Pengerjaan penempelan buah jeruk dilakukan oleh tim sampai malam hari

Untuk membentuk replika gurita ini membutuhkan kurang lebih 1 ton jeruk. Apabila dalam 1 kg berisi 10 butir jeruk dapat dibayangkan ribuan jeruk menempel pada gurita ini. Proses pembuatannya pun cukup memakan waktu yang lama dan tidak mudah sehingga dikerahkan banyak tenaga untuk mengerjakannya. Karena untuk menempelkannya butuh ketelatenan agar hasilnya bisa bagus sesuai dengan yang direncanakan. Pengerjaan ini dilakukan oleh tim KP Punten. Untuk kontruksi sendiri sudah dipersiapkan kurang lebih satu bulan proses pengerjaannya.

Kerja keras yang dilakukan oleh tim kreatif KP Punten membuahkan hasil yang luar biasa. Harapannya  ke depan jeruk nusantara dapat berkembang luas sekaligus menggurita di Indonesia. (fjr)

 

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event