HPS 2016: Gubernur Jateng Kunjungi Area Geltek Jeruk

dsc_0139-001

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan rombongan saat meninjau lokasi Gelar Teknologi (Geltek) inovasi pertanian Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 36 sempat mengunjungi lokasi jeruk dan menikmati jeruk yang ditampilkan disana dengan didampingi oleh Kapuslitbanghorti Dr. Ir Hardiyanto, M.Sc dan ka Balitjestro Dr.Ir. Joko Susilo Utomo, MP, Sabtu 29/10/2016.

13 varietas jeruk nusantara ditampilkan di area ini yaitu, Keprok Madura, Keprok Tejakula, Keprok Kacang Solok, Keprok Gayo, Keprok RGL, Keprok Borneo Prima, Pamelo Bageng Taji, Siam Pontianak, Manis Pacitan Nipis Borneo, Nagamik Qumquat, Calamondin, dan Kalamansi FR.

Berbagai varietas tersebut memiliki berbagai macam keunggulan masing yang diharapkan dapat dikembangkan di daerah spesifik lokasi. Selain sebagai buah meja jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang diperlukan bagi tubuh sebagai penagkal radikal bebas, serta pencegahan terhadap penyakit salah satunya kanker.

Di Jawa Tengah sendiri terdapat varietas jeruk yang unggul dan berhasil memenangkan kontes jeruk nasional kategori pamelo yaitu Pamelo Bageng Taji yang berasal dari Kecamatan Bageng ,Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Dengan adanya HPS ini diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal dan mencintai buah-buah nusantara dibanding buah impor untuk dikonsumsi. Geltek di HPS ini sebagai sarana untuk mendiseminasikan hasil inovasi pertanian secara langsung untuk dapat diadopsi oleh masyarakat agar hasil pertanian meningkat. (fjr)

Agenda

no event