Gaung Kebangkitan Hortikultura di Talkshow Indonesian Horticultural Club (IHC)

Mengusung tema “Bersama Kita Siap Mewujudkan Kebangkitan Hortikultura Nusantara”, Talkshow Indonesian Horticultural Club (IHC) telah digelar Selasa, (5/9/2017) di The Margo Hotel, Depok.

Acara ini dihadiri oleh lembaga pemerintah lingkup Kementerian Pertanian dan stakeholders bidang hortikultura seperti perusahaan perbenihan, UGM, IPB, ITB, petani penangkar, ASBENINDO, PTPN, dan lainnya.

Acara ini diselenggarakan untuk menjalin dan memperkuat networking, menggali permasalahan isu-isu strategis hortikultura nasional, serta menggali peran inovasi dalam pengembangan hortikultura nasional. Selain itu juga sebagai ajang bertukar informasi dari para stakeholder untuk pembangunan hortikultura.

Saat membuka acara, Kepala Balitbangtan, Dr. Muhammad Syakir menyampaikan bahwa Indonesia memiliki keragaman hayati dan sumberdaya genetik yang berlimpah, sehingga potensi hortikultura dan perkebunan diyakini dapat bangkit kembali.

“Oleh karenanya, pengembangan hortikultura menjadi penting dan harus didukung penuh. Serta dukungan Balitbangtan melalui produksi benih bermutu menjadi penting untuk meningkatkan daya saing hortikultura yang sudah menembus pasar ekspor.” ungkap Kepala Balitbangtan.

Terpisah, Kepala Puslitbang Hortikultura Dr. Hardiyanto menambahkan, titik ungkit kebangkitan hortikultura nusantara terletak pada peningkatan nilai tambah dan daya saing yang mampu mendorong pemenuhan swasembada, peningkatan ekspor, peningkatan produksi dan mutu komoditas hortikultura. “Hal ini dimulai dari penyediaan benih bermutu dari berbagai varietas unggul hortikultura.” Jelas Kepala Puslitbanghorti.

Menurut Kepala Puslitbanghorti, sejumlah strategi juga telah diterapkan. Antara lain pemantapan mekanisme produksi dan distribusi benih melalui kerja sama Balitngtan dengan Ditjen Hortikultura, Balai Pengasawan dan Sertifikasi Benih (BPSB), Balai Benih Indonesia (BBI), perusahaan benih, penangkar benih serta kelompok tani.

IHC ini telah menghasilkan beberapa rumusan penting, antara lain mengenai konsep open innovation yang perlu dibangun untuk mengembangkan sinergi dalam membangkitkan hortikultura Nusantara,

Selain itu, ditegaskan mengenai pentingnya membangun sinergi antara lembaga penelitian, akademisi, LSM dan dunia swasta. DIperlukan juga upaya untuk mempromosikan produk, dan juga insentif untuk menarik minat masyarakat untuk masuk dan mengembangkan bisnis hortukultura

Terakhir, penciptaan varietas unggul harus berorientasi permintaan pasar. Untuk itu perlu dukungan kebijakan Pemerintah dan segera menyusun action plan yang integratif dan sinergistik untuk pengembangan komoditas hortikultura. (sumber: http://www.litbang.pertanian.go.id/berita/one/3014/)