Gapoktan Gotong Royong Blitar Kunjungi Balitjestro

Selasa pagi, 17 April 2018, sebanyak 26 orang petani Gapoktan Gotong Royong Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar didampingi oleh petugas dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, berkunjung ke Balitjestro. POPT dan 2 orang PPL Kecamatan Doko ikut serta pula dalam rombongan tersebut.

Mantri Tani Kecamatan Doko, Imam, menyampaikan maksud tujuan mereka datang ke Balitjestro yaitu untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang teknologi pengembangan tanaman hortikultura. Wisnu Unjoyo, selaku PLH Kepala Balitjestro menyambut baik kedatangan mereka dan menyampaikan sekilas Profil Balitjestro.

Gapoktan ini terdiri dari beberapa petani jeruk dan petani selain jeruk. Oleh karena itu sebelum ke lapangan, para peserta kunjungan diberikan materi tentang pengenalan budidaya jeruk oleh Setiono. Disampaikan beberapa jenis jeruk komersial seperti jeruk siam, keprok, lemon, pamelo, nipis dan lain-lain. Selain itu dijelaskan pula cara budidaya jeruk yang baik mulai dari persiapan menanam sampai pengendalian hama penyakitnya. Untuk lebih memperjelas materi tersebut, para petani dibawa ke kebun jeruk didampingi oleh Setiono. (Trifena)