Eksplorasi Keragaman Jeruk di Maluku Tenggara

Kepulauan Maluku masih menyimpan berbagai macam buah eksotis yang masih dapat dikembangkan potensinya. Dalam rangka eksplorasi tanaman jeruk di Maluku Tenggara, ditemukan berbagai macam jenis varietas jeruk yang belum banyak diketahui masyarakat umum.

Sebelum melakukan eksplorasi terlebih dahulu dilakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kota Tual, yang ditemui oleh Kepala Dinas Ir. M. S. Z Banjar , Kabid. Pertanian Srihono dan Kasie Hortikultura Jafar Lestaloho, SP dan staff Hortikultura Suyanto,SP kemudian dilanjutkan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Maluku Tenggara yang ditemui oleh Kepala Dinas Ir. Felix B. Tethool, Kabit Pertanian Ir. Amin Latukonsia dan staff Hortikultura.

Eksplorasi , karakterisasi dan  koleksi tanaman jeruk dilaksanakan di tiga  Kecamatan yaitu : Kecamatan Dula Utara ,  Dula Selatan Kota Tual  yang dipandu oleh Bapak Jafar Lestaloho, SP dan Suyanto,SP sedangkan  di Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara dipandu oleh Bapak Ir. Amin Latukonsia , Ibu Passi dan Bapak Jafar Lestaloho, SP.

Tanaman jeruk yang dieksplorasi terletak di lahan bekas hutan ataupun tanaman pekarangan yang tetuanya berasal dari hutan , jenis tanah  batu berkapur dengan solum  berkisar antara 40-50 cm, pH 6- 7. Menurut  penjelasan  yang diperoleh dari pemilik tanaman jeruk bahwa tanaman yang ada  tidak diketahui secara pasti asalnya, mereka mengatakan  bahwa tanaman jeruk dipekarangan ditanam oleh opa (kakek) mereka, sedangkan tanaman yang ada di bekas hutan sudah ada sejak dulu.

Dalam eksplorasi di Maluku Tenggara diperoleh 10 aksesi tanaman jeruk yang ada. Adapun 10 aksesi tersebut antara lain: Lemon Matbar, 2 jenis Jeruk Kelapa,lemon Bali,Lemon Ba, Lemon Ub, Lemon Nipis, Lemon Nipis Kecil, Lemon manis, Jeruk Besar. Dari berbagai aksesi jeruk yang ada ternyata ada beberapa yang mempunyai fungsi lain disamping sebagai buah. Seperti Lemon Matbar mempunyai fungsi sebagai penghilang rasa amis ikan dan sebagai obat ngilu maupun keseleo apabila dicampur dengan kapur sirih. Selain itu Lemon Ba sari buahnya  juga dapat dijadikan sebagai bahan pembuat cuka disamping fungsinya sebagai buah meja. Masih banyak lagi manfaat lain dari berbagai jenis jeruk yang ada disana dan dapat dikembangkan untuk selanjutnya.

Dua asesi tanaman jeruk diperoleh di Kota Tual dan delapan asesi tanaman jeruk diperoleh dari Kabupaten Maluku Tenggara didokumentasikan dalam bentuk foto tanaman, daun , bunga dan buah ( apabila sedang ada ) dan telah diambil bahan tanaman, yaitu ranting mata tempel yang dikemas dalam kantong plastik kemudian  diperlakukan dengan pemberian fungisida untuk selanjutnya di okulasikan pada batang bawah yang telah di persiapkan di Balitjestro Tlekung . (Setiono/ Fajar)

Tinggalkan Balasan