Eksplorasi, Karakterisasi dan Koleksi Tanaman Jeruk di Sulawesi Selatan

Eksplorasi, karakterisasi dan koleksi tanaman jeruk di propinsi Sulawesi Selatan dilakukan di Kabupaten Pangkajene dan Selayar yang mempunyai keragaman varietas jeruk yang cukup banyak. Eksplorasi ke kabupaten Pangkajene dipandu oleh Kasie Hortikultura dan 1 orang staff Diperta Propinsi dan Kabupaten serta wakil kelompok tani, sedangkan ke Selayar dipandu oleh 1 staff Diperta Propinsi, 1 staff Hortikultura Selayar serta petani.

Penelusuran keberadaan varietas jeruk yang berbeda diperoleh dari informasi petani atau petugas daerah setempat.  Jenis jeruk yang diperoleh selama  eksplorasi telah didokumentasikan dalam bentuk foto tanaman, daun, bunga dan buah (apabila sedang ada) dan telah diambil bahan tanaman, yaitu ranting mata tempel yang dikemas dalam kantong plastik kemudian diperlakukan dengan pemberian fungisida untuk selanjutnya di okulasikan pada batang bawah yang telah di persiapkan di Balitjestro Tlekung.

Hasil Eksplorasi di Kabupaten Pangkajene (Pangkep) adalah Pamelo Passiki, Pamelo Baco, Pamelo Kasua. Hasil Eksplorasi di Kabupaten Kepulauan Selayar yaitu Munte Hondu, Munte Hondu, Munte Hondu, Munte Basaulu, dan Munte Kassi.

[cml_media_alt id='2118']pamelo sulawesi[/cml_media_alt]

Tinggalkan Balasan