Dukung Kampung Anggur, Balitbangtan Diseminasikan 5 Varietas Benih Anggur

Kampung Anggur hasil kreativitas warga di Dusun Plumbungan, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro telah menjadi destinasi wisata baru di Bantul Yogyakarta.

Banyak pengunjung baik dari dalam maupun luar daerah datang untuk berwisata sekaligus menikmati anggur yang ditanam di halaman rumah warga.

Pionir kampung anggur Rio Aditya menjelaskan bahwa sekarang sudah 160 kk dari total 200 kk yang telah menanam anggur di pekarangan rumah.

Anggur ini telah memberi dampak peningkatan ekonomi masyarakat dari hasil wisata petik buahnya.

Sebagai bentuk dukungan dalam pengembangan anggur di sana Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian melakukan kunjungan, pendampingan sekaligus mendiseminasikan 100 benih anggur 5 varietas untuk dikembangkan.

Benih diserahkan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Dr.Ir. Hardiyanto didampingi Kepala Balitjestro Dr Ir Harwanto dan Kepala BPTP DIY Dr. Soeharsono, kepada Rio Aditya untuk ditanam di Kampung Anggur, Kamis (16/1).

Harapannya dengan adanya berbagai varietas dapat memberikan pilihan masyarakat untuk dikonsumsi.

Ke depan Balitbangtan siap mendukung dan mengawal pengembangan anggur di Kampung Anggur khususnya dan wilayah lain yang ingin mengembangkan. (aminuddin fajar/balitjestro) 

Agenda

no event