Dua Hari Lagi Acara Akbar Petani & Nelayan Dimulai

penas 1Perhelatan akbar petani dan nelayan setiap 2 tahun sekali yang disebut PENAS tidak lama lagi akan dimulai. Berbagai persiapan sudah tampak terlihat di lapangan mulai dari infrasruktur dan kegiatan-kegiatan lainnya. Lahan sawah seluas kurang lebih 25 ha disulap menjadi penuh sesak kegiatan.
Balitbangtan sebagai penghasil sumber inovasi teknologi pertanian telah ambil bagian dengan mendisplay beberapa teknologi unggulannya. Paling tidak ada beberapa inovasi teknologi yang dipaparkan antara lain: peternakan, hamparan tanaman padi dari berbagai varietas, tanaman perkebunan sebagai sumber energi, alsintan untuk menanam dan memanen padi, dan tanaman hortikultura meliputi tanaman cabe, bawang merah, dan tabulampot jeruk yang terdisplay di saung agroinovasi.

penas 2Semua inovasi teknologi telah terpapar secara rapi yang di kelompokkan sesuai dengan klasternya. Tujuan dan harapannya sangat jelas yaitu agar inovasi teknologi yang dihasilkan dapat diketahui dan diadopsi oleh pengguna (petani). Menurut informasi terkini, acara Penas ini akan di buka oleh Presiden RI pada hari Sabtu, 7 Juni 2014, juga dihadiri oleh delapan menteri terkait serta pejabat yang lain. Acara ini diperkirakan dihadiri sekitar 30 ribu peserta yang berasal dari berbagai penjuru tanah air. [Hrw]

Tinggalkan Balasan