DPRD Kabupaten Bandung Barat Kunker ke Balitjestro

Kamis, 31 Mei 2018 Balitjestro menerima kunjungan kerja (kunker) dari DPRD Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat sebanyak 9 orang yang terdiri dari Wakil Ketua DPRD, Sekretaris Dewan, Kabag, Kasubag, dan Pelaksana. Sunarya Erawan dan H.Hanes Lise mewakili Ketua DPRD menyampaikan maksud kunjungan dalam rangka rapat koordinasi dan konsultasi terkait dengan pengembangan jeruk dan buah subtropika di Kabupaten Bandung Barat. Kunjungan ini didorong karena adanya permasalahan penyakit blendok dan beberapa OPT lain yang merugikan petani disana.

Wisnu Unjoyo, Kasubag TU Balitjestro mewakili Kepala Balitjestro menyambut baik kunjungan tersebut dan dilanjutkan dengan diskusi baik di dalam ruangan maupun di lapangan.  Penjelasan tersebut berisi tentang pentingnya penggunaan benih berlabel, pengenalan teknologi pembuahan sepanjang tahun (bujangseta), serta penanganan pascapanen jeruk.

 

Kunjungan dilanjutkan dengan melihat Kebun Percobaan Tlekung yang dipandu oleh Haryono, salah satu teknisi Balitjestro. Tak lupa rombongan dibawa ke ruang Galeri Balitjestro yang berisi tentang informasi teknologi dan varietas unggul baru, dengan diiringi penjelasan oleh Anang Triwiratno, Kasi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian Balitjestro. Mereka tertarik dengan varietas Lemon Tanpa Biji yang sudah dilepas Balitjestro dan berencana untuk mengembangkannya di Kabupaten Bandung Barat. Diharapkan dengan kunjungan ini dapat merintis jalinan kerjasama untuk magang petani jeruk di Bandung Barat. (Trifena)