Diseminasi Teknologi Anggur Melalui Bimtek

 

Diseminasi Teknologi dan Varietas Unggul Anggur yang dihasilkan oleh Balitjestro, dilaksanakan di Puslitbang Hortikultura Bogor dengan melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan anggur unggul Indonesia.

Bimtek diikuti olek 7 UK dengan 54 peserta yaitu Puslitbang Hortikultura,  Puslitbang Peternakan, Puslitbang Perkebunan, Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Balai Besar Sumber Daya lahan Pertanian, Balai Besar Pengkajian dan Pegenbangan Teknologi Pertanian, dan Balai Besar Veteriner Pertanian, Senin (20/1).

Kegiatan dibuka oleh Plh Kapuslitbang Hortikultura Drs Paidi, MM yang menekankan bahwa komoditas anggur merupakan jenis hortikultura yang eksotik untuk dikembangkan di lingkungan perkantoran dan rumah tangga.

Selanjutnya Bimtek dipandu oleh Kabid PSPHP Dr Rudi Hartono yang memimpin jalannya bimtek dengan mendengarkan uraian teknologi tentang profil anggur unggul oleh Kepala Balitjestro Dr Ir. Harwanto, M.Si. dan Pengelolaan pertanaman unggul oleh Kepala IP2TP Banjarsari Sukadi SP.

Materi Bimtek yang disampaikan meliputi kekayaan varietas unggul yang dimiliki Balitbangtan, Peluang dan tantangan bertanam anggur dan teknis mulai persiapan, penanaman, pemeliharaan, dan pembuahan tanaman anggur.

Peserta dengan secara aktif diskusi tentang pengelolaan tanaman anggur di lapangan. Bimtek diakhiri dengan praktek penanaman dan pemeliharaan pemangkasan anggur di halaman visitor plot Puslitbang Hortikultura.

Di akhir kegiatan, Kepala Balitjestro Dr Ir. Harwanto, M.Si menyerahkan benih anggur unggul sebagai VUB baru yang dimanfaatkan oleh stake holder meliputi 5 varietas kepada masing2 UK yang mengikuti.

Salah satu varietas yang dibagikan adalah anggur varietas Janetes SP 1 yang telah dicanangkan oleh Bapak menteri Pertanian sebagai Calon VUB anggur unggul tahun 2020.

Agenda

no event