Dintanbunnakikan Kabupaten Blora Inisiasi Kerjasama dengan Balitjestro

Tanaman jeruk sudah banyak dibudidayakan oleh petani di Kabupaten Blora. Meskipun luas tanam sudah mencapai 100 ha, namun sebagian besar petani jeruk belum melaksanakan teknik budidaya yang baik dan benar. Karena itu upaya pengembangan kawasan agribisnis jeruk masih terus dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Blora. Kunjungan kerja yang dipimpin langsung oleh Ibu Ir. Reni Miharti, M.Agr.Bus. ke Balitjestro kemarin (18/10/2016) selaku Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora dimaksudkan untuk memperoleh informasi  terkait prosedur pemesanan benih jeruk, baik untuk benih sebar maupun benih sumber. Selain itu untuk mendukung keberhasilan pengembangan jeruk di wilayah kabupaten Blora juga dibutuhkan dukungan tenaga ahli yang bisa mendampingi penyuluh dalam kegiatan Sekolah Lapang serta peluang dilaksanakannya pemagangan baik petugas lapang maupun petani jeruk di Kabupaten Blora.

baru

Plh. Kepala Balitjestro,  Bapak Langgeng Sutrisno SP menyambut baik kedatangan petugas Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan dengan menyampaikan Profil Balitjestro dimana salah satu tugasnya adalah mengembangkan jejaring kerjasama baik dengan swasta maupun instansi pemerintah sehingga penerapan inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh Balitjestro bisa dengan cepat dimanfaatkan oleh pengguna.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi terkait rencana pengadaan benih maupun permintaan narasumber dalam kegiatan SL untuk petani jeruk yang rencananya akan dimulai pada akhir bulan Oktober. Selain itu peserta juga mengunjungi  sentra  produksi benih jeruk bebas penyakit  di Kebun Percobaan Punten. Serta memastikan stok benih yang tersedia yang diharapkan dapat mendukung pengembangan kawasan agribisnis Jeruk di Kabupaten Blora. Kunjungan kerja ini diharapkan dapat menginisiasi kerjasama  antara Balitjestro dan Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora pada waktu yang akan datang.

Survey Indeks Kepuasan Masyarakat pada kunjungan lapang ini menunjukkan bahwa secara umum pelayanan Balitjestro mendapatkan nilai indeks kepuasan 3,27 dengan nilai IKM Konversi sebesar 81,79. Mutu pelayanan A sedangkan kinerja unit pelayanan berpredikat Sangat Baik. (UNT)