Dinas Pertanian Kota Jambi Survey Pohon Induk

Dinas Pertanian Kota JambiBaitjestro mendapat kunjungan dari Kota Jambi. Kunjungan kali ini bertujuan untuk survey pohon induk. Rombongan terdiri dari Drs. Azhari, Deddy Harmano dan Fachruddin dari Dinas Pertanian Peternakan Perikanan dan Kehutanan Kota Jambi dan UPTD BBH Mayang Kota Jambi.

Kedatangan ke Balitjestro dalam rangka melakukan koordinasi untuk pemesanan BF (Blok Fondasi) dan BPMT (Blok Penggandaan Mata Tempel). Agus Sugiyatno (Kepala Jasa dan Penelitian Balitjestro) menyarankan agar surat dibuat segera supaya bisa langsung diproses.

UPBS Balitjestro mempunyai mekanisme bahwa barang akan dikirim setelah 6 bulan dipesan. Jika ingin tanam November – Desember 2014 maka pemesanan harus dilakukan sekarang. Pengalaman di tempat lain selama ini terjadi keterlambatan program pengembangan karena perencanaan tidak matang yang diakibatkan oleh tidak dipahaminya mekanisme alur pemesanan BF dan BPMT jeruk dengan baik.

Data di website disperta Provinsi Jambi menunjukkan bahwa saat ini plasma nutfah yang telah ditetapkan sebagai varietas unggul antara lain: durian  varietas selat, duku varietas kumpeh, jeruk keprok varietas pulau tengah, nenas varietas tangkit, jambu air varietas mayangmangurai, jeruk pamelo varietas lidung, cempedak varietas sebapo, alpokat varietas pesako dan pisang varietas raja nagka, dan varietas unggul lainnya.

Ketersediaan benih bersertifikat bebas penyakit menjadi pintu masuk suksesnya pengembangan jeruk di suatu wilayah. Untuk itu sebelum melakukan pemesanan, DInas Pertanian akan melakukan pengecekan kembali kebutuhan riil sehingga penangkar setempat terpenuhi kebutuhan BF dan BPMT. [zh/balitjestro]

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event