Deteksi dini OPT Apel untuk menjaga kesehatan tanaman

Meskipun bukan asli tanaman dari Indonesia, apel termasuk salah satu jenis buah yang populer disamping jeruk dan mangga. Sebagai buah segar, apel banyak disajikan dalam pesta, buah penyerta kunjungan orang sakit dan lainnya.
Selain dikonsumsi dalam bentuk buah segar, kelezatan apel bisa dinikmati dalam bentuk minuman maupun dodol yang banyak dijajakan di Kota Wisata Batu dan sekarang terkenal dengan bahan makanan struddel.
Untuk menjaga kelangsungan produksi apel perlu adanya penerapan teknologi budidaya maupun pengendalian hama penyakit.  Salah satu upaya untuk meminimalisir serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT ) dilakukan kegiatan sekolah lapang pengendalian hama penyakit.

Hal ini untuk menjaga tanaman apel agar sehat dengan sedini mungkin mendeteksi  OPT yang menyerang tanaman.

Peneliti hama Balitjestro, Ir Otto Endarto, M.Si melakukan pendampingan sekaligus memberi materi tentang cara monitoring opt dan teknologi pengendaliannya di kebun petani Apel dalam sekolah lapang di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kamis 05/04/2018

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan petani dapat lebih optimal dalam mengelola tanamannya terutama dari serangan opt sehingga produksi apel terjaga dan tanaman tetap sehat. (fjr/otto)