Crifta 01, Jeruk Dengan Rasa Manis dan Seedless

Keprok Crifta 01

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian telah memiliki koleksi 258 Sumber Daya Genetik (SDG) yang terdiri dari berbagai macam jenis dan varietas.

Jenis tersebut diantaranya Citrus sinensis Osbeck (jeruk manis), Citrus reticulata Blanco (jeruk keprok), Citrus maxima Merr (jeruk besar), Citrus limon (jeruk Lemon), Citrus aurantifolia (jeruk nipis), Citrus medica (sitrun), dan Citrus paradisi (grape fruit).

Koleksi jeruk ini sendiri dikelola dan dipelihara secara rutin dalam rumah kasa insect proof di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika sehingga terlindung dari serangga penyebab penyakit khususnya Huanglongbing atau lebih dikenal dengan CVPD.

Salah satu varietas jeruk Keprok yang memiliki keunggulan tanpa biji adalah Crifta 01. Buah ini memiliki rasa yang manis segar dengan daging buah tebal dan halus serta berwarna oranye. Crifta 01 memiliki aroma yang kuat, kulit tebal dan mudah dikupas.  Selain itu bentuk buahnya oval dan memiliki berat 238 gram/buah.

Crifta 01 sendiri telah terdaftar varietasnya sejak tahun 2000 berdasarkan SK Menteri Pertanian No 98/Kpts/TP.240/3/2000. (aminuddinfajar/balitjestro)

Agenda

no event