“Citrus Research Station”, Balitjestro-nya Korea

Citrus Research Station dibawah National Institute of Horticultural and Herbal Science. Sedangkan Rural Development Administration sama kedudukannya seperti Badan Litbang Pertanian. Adapun Visi lembaga penelitian ini adalah ”Pengembangan teknologi modern untuk menghasilkan satu Trilliun Won dari Industri Jeruk setiap Tahun”.  Lembaga Penelitian ini memiliki 3 Laboratorium yaitu Pemuliaan, Physiologi, Hama dan Penyakit, serta Material Jeruk Modern. Jumlah pegawai sekitar 75 orang dan hampir 70 % peneliti dan pembantu peneliti. Perlengkapan peralatan laboratorium sangat modern terutama pada laboratorium Material Jeruk Modern (Advanced Citrus Materials Lab). Beberapa produk seperti wine, juice, kosmetik, dan bahan untuk kesehatan (anti kangker) telah dihasilkan di Laboratorium ini termasuk beberapa paten misalnya teknologi fermentasi dan ektraksi metabolite secunder.

Dr. Choi melalui Research Development Adminstration ingin melakukan kerjasama penelitian jeruk dengan Balitjestro melalui Badan Litbang Pertanian dan Puslitbang Hortikultura.

Kunjungan dilanjutkan ke kebun jeruk Satsuma Mandarin atau dikenal dengan jeruk Jeju. Warna kulitnya orange mulus, seedless, rasa manis segar, dan ukurannya tidak begitu besar seperti Satsuma mandarin yang ada di Balitjestro. Tampaknya varietas ini berbeda dengan Satsuma aslinya meskipun seedless.

Gambar dari atas: Penampilan jeruk Jeju disekitar kebun diberi wind break karena anginnya sangat kencang

Hal yang sangat menarik, petani jeruk ada yang menanam jeruknya di dalam screen house untuk menghindari salju dan cool damage. Menurut meraka hasil yang diperoleh masih menguntungkan.

[cml_media_alt id='1996']jeruk korea jeju.jpg (4)[/cml_media_alt]

Tanaman jeruk dalam screen house

Sumber tulisan:
Laporan Hasil Kunjungan Kerja Kepala Balitjestro ke Korea dalam rangka  “International Seminar on The Status and Measure of Citrus Industry for Climate Change”

 

Tinggalkan Balasan

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah