Ciri dan keunggulan jeruk Manis

Jeruk merupakan salah satu buah yang dapat dibudidayakan di berbagai tempat mulai dataran rendah hingga dataran tinggi, daerah tropis hingga subtropis. Di berbagai belahan dunia keragaman jeruk berbeda-beda.

Jenis-jenis jeruk yang banyak dijumpai di Indonesia diantaranya jeruk Manis (Citrus Sinensis L.), jeruk Keprok (Citrus reticulata), jeruk Siam (Citrus Nobilis), jeruk besar/Pamelo (Citrus maxima Merr, Citrus grandis Osbeck), jeruk Lemon (Citrus limon Linn), jeruk Lime (Citrus aurantifolia Swingle), jenis jeruk sitrun (Citrus medica Limnaeus), jeruk grape fruit (Citrus paradise Mactdijen).

Dari beberapa jenis tersebut salah satu yang dikembangkan adalah jeruk Manis atau orang kadang menyebutnya dengan jeruk sunkist.. 

Jeruk manis bisa juga disebut sebagai jeruk iris, karena kulit buah kebanyakan tidak dapat dikupas. Pemanfaatan jeruk manis ini biasanya dengan cara diiris atau diperas. Segmen menyatu satu sama lain hingga sulit untuk dipisah-pisahkan.

Bentuk bulat dan bulat telur, berat rata-rata 190-497 gram, diameter buah 7,2-10,3 cm, warna permukaan kuning, hijau kekuningan dan oranye. Tekstur permukaan agak halus sampai kasar, kulit buah relatif tebal 6.2-7.75 mm, kerekatan dengan daging buah kuat, warna daging buah rata-rata kuning, ada beberapa varietas yang berwarna merah jumlah biji 5-19 ada juga yang tanpa biji, brix 9 – 14 %

Jeruk ini ada bermacam varietasnya diantaranya manis Pacitan, manis Taji, manis Kisar, Valencia yang semuanya memiliki rasa yang manis.

Manis Pacitan misalnya, sentra pengembangannya berada di Kecamatan Dau kabupaten Malang dengan lahan ratusan hektar. Diantara jeruk manis lainnya jeruk ini tergolong paling manis sehingga sangat cocok untuk orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan bayi pun bisa mengkonsumsi jeruk ini sehingga jeruk ini dikenal dengan “Jeruk Baby.

Jeruk manis sendiri cocok ditanam di dataran rendah maupun tinggi sehingga sangat potensial untuk dikembangkan.

Untuk menjaga kelestarian Sumber Daya Genetik telah dikoleksi dan dipelihara 39 varietas jeruk manis di Kebun Percobaan Punten, Balitjestro Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian. (aminuddinfajar/balitjestro)

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah