Bujang Seta di KP Banaran

Sumber: SinarTani, Edisi 19 – 25 Juli 2017 No.3711 Tahun XLVII

Adi Cahyono Kepala KP Banaran
Adi Cahyono Kepala KP Banaran

Ada Bujang Seta di KP Banaran! Bujang Seta disini bukan berarti sebagai pemuda lajang, tapi itu adalah singkatan dari Buah Berjenjang Sepanjang Tahun. Di kebun percobaan ini banyak teknologi baru yang diaplikasikan, diantaranya Bujang Seta.

KP Banaran ini adalah kebun yang ditugaskan untuk memproduksi buah konsumsi, berada di ketingian 950 m dpl dengan luas hanya 1,2 hektar. Kendati kebun tidak terlalu luas, produksi buah yang bisa dihasilkan sangat signifikan. Kebun ini adalah salah satu kebun yang memberikan kontribusi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang cukup lumayan.

Untuk membuat berbuah sepanjang tahun teknologi, perlu aplikasi pemupukan secara kontinyu dengan cara aplikasi pupuk padat yang dikombinasikan dengan pupuk yang dicairkan (NPK), serta setiap tahun dikasih pupuk kandang. Rekomendasi pupuknya adalah satu 3 kali dengan cara aplikasi padat.

“Pertama diberi pupuk padat yang ditabur disekeliling tajuk tanaman, setelah 1,5 bulan kemudian diberikan pupuk cair sebanyak 20 liter per tanaman dengan dosis 10 gram per liter air per tanaman. Satu setengah bulan lagi dipupuk padat 0,5 NPK per pohon. Begitu seterusnya” ujar Cahyono.

Teknologi lain yang membuat tanaman berbuah sepanjang tahun adalah teknik pemijitan dan pelenturan cabang.􀂄Lis