Biro Humas dan Protokol Provinsi Bali adakan Pers Tour di Balitjestro

 

Jajaran Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Bali mengadakan kegiatan pers tour ke Balitjestro, Kamis, 27/07/2017.

Kegiatan yang diikuti 25 peserta yang terdiri dari  awak pers dan praktisi humas pemprov Bali  ini bertujuan untuk meninjau pengembangan sektor pertanian

Menurut  Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Bali I DewaEka Wijaya Wardana, SH, MH, kegiatan ini dapat dijadikan acuan dan perbandingan serta masukan dan inovasi dalam program-program Pemerintah Provinsi Bali.

Bali mempunyai beberap jenis jeruk yang potensial untuk dikembangkan antara lain Keprok Tejakula dan Siam Kintamani . Namun saat ini jeruk tejakula sudah tidak banyak lagi dikembangkan Bali karena terkena serangan CVPD beberapa tahun lalu. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang budidaya jeruk yang benar.Kunjungan lapang ini diterima oleh Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian Dr.Ir Anang Triwiratno, MP. Dalam sambutannya disampaikan tentang berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (balitbangtan) dalam mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika di Indonesia. Inovasi tersebut telah banyak digunakan oleh petani dalam mengelola usaha taninya.

Teknologi sangat diperlukan untuk pengembangan jeruk. Dengan teknologi yang tepat akan mendukung keberhasilan pengembangan jeruk. Balitbangtan telah memiliki inovasi teknologi jeruk yang dikenal dengan Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS)

Penerapan teknologi penting untuk menjaga tanaman untuk tetap sehat dan berproduksi dengan baik. Selain itu akan mampu mengendalikan serangan hama dan penyakit yang menyerang jeruk sehingga umur produksi akan lebih lama. (fjr)