Bimtek Pengolahan Hasil Pascapanen Jeruk

Balitjestro kembali mengadakan Bimbingan Teknis dengan tema Pengolahan Hasil Pascapanen Jeruk pada 18 Maret 2021 yang bertempat di Aula Citrus Balitjestro dan laboratorium pascapanen TSP Jeruk. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) dari lingkup wilayah Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Acara dibuka oleh Plh. Kepala Balai Ir. Wisnu Unjoyo. Dalam sambutannya disampaikan bahwa harapannya bimtek ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan bagi ibu-ibu KWT sehingga semakin bisa meningkatkan kesehatan maupun memberikan sumbangan secara ekonomi di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Kegiatan bimtek ini merupakan rangkaian bimtek padat karya penanggulangan Covid-19 yang dilaksanakan melalui penyampaian materi dan diskusi, kemudian dilanjutkan dengan praktek pembuatan produk sabun pencuci piring dan permen jeruk di laboratorium pasca panen TSP Jeruk Balitjestro.

Sebagai instruktur yaitu Trifena Honestin dan Imro’ah Ikarini, peneliti pascapanen Balitjestro. TSP Jeruk Balitjestro telah memiliki berbagai produk pangan dan non pangan jeruk dan buah subtropika. Setidaknya ada 11 produk yang sudah memiliki ijin edar PIRT dan sudah diperjualbelikan secara online oleh KPRI Citrus. Sedangkan produk minuman sedang dalam proses audit BPOM. 

TSP Jeruk yang mempunyai fungsi untuk inkubasi bisnis menyambut baik kegiatan bimtek ini dan ke depan berharap bisa disinergikan dengan berbagai program Kementan lainnya seperti Program YESS dan Kostratani agar kontribusi nyata bagi masyaratak semakin terasa.

Agenda
No event found!