Bimbingan Teknis Budidaya Tanaman Hortikultura di Lokasi Food Estate Kalteng

Food Estate sebagai program unggulan Balitbangtan, mengarahkan pengembangan inovasi Hortikultura di lahan sawah dan pekarangan. Inovasi yang dihasilkan Balitbangtan merupakan sumber teknologi yang telah siap dilaksanakan dalam melaksanakan pengembangan komoditas yang sesuai di setiap wilayah pengembangan.

Puslitbanghorti sebagai sumber utama teknologi inovatif hortikultura diharapkan mampu berperan aktif memberikan dukungan inovasi teknologi dalam pengembangan melalui pendampingan yang dilaksanakan oleh institusi yang akan mengembangkan tanaman hortikultura dengan memberikan percontohan kepada stake holder di Wilayah yang telah ditentukan.

Agribisnis hortikultura di Indonesia belum sepenuhnya didukung oleh teknologi inovatif sehingga produk yang dihasilkan berdaya saing tinggi dan keberlanjutan. Proses diseminasi dan alih teknologi spesifik pengguna dan lokasi berjalan sangat lambat karena sistem yang ada belum berfungsi sepenuhnya. Diseminasi telah dan terus dilaksanakan di kawasan Food Estate Kabupaten Pulang pisau Provinsi Kalimantan Tengah. Bimtek telah dilaksanakan 22 sampai 23 Oktober 2020 dan pada 11 November 2020 di Kapuas.

Bimtek Teknologi Budidaya Hortikultura merupakan salah satu dari program pendampingan kawasan hortikultura meliputi 4 komponen yaitu : (1) Melaksanakan Pembuatan Demoplot Komoditas Hortikultura (Jeruk, Pepaya, Pisang, dan Sayuran) di Lokasi Food Estate Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah. (2) Melaksanakan Bimtek pengelolaan Demoplot sebagai lokasi untuk Bimbingan Teknis, (3) Pembinaan kelembagan, dan asistensi komoditas hortikultura.

Kegiatan Bimtek ini langsung dilaksanakan di kawasan pengembangan hortikultura yang disesuaikan dengan program pengembangan yang dilaksanakan oleh stake holder. Pelaksanaan Bimtek ini mulai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi bekerjasama dan berkoordinasi dengan istansi terkait yaitu Balitbangtan, BPTP Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten, serta Dirjen Hortikultura dan Dirjen PSP Kementan. (Anang|Balitjestro@2020)

Agenda
No event found!