Belajar Teknologi Budidaya Jeruk dan Lengkeng Untuk Peningkatan SDM Masyarakat

Kepala Balitjestro, Dr.Ir Joko Susilo Utomo menyampaikan berbagai inovasi teknologi Balitbangtan dalam mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika kepada peserta.
Kepala Balitjestro, Dr.Ir Joko Susilo Utomo, MP menyampaikan berbagai inovasi teknologi Balitbangtan yang telah dihasilkan

Untuk peningkatan SDM masyarakat, 43 peserta yang terdiri dari perangkat desa dan karangtaruna 3 desa yaitu Desa Tajug, Beton, dan Sekaran Di Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo menimba ilmu ke Balitjestro , Selasa 8/03/2016. Kegiatan tersebut diterima oleh Kepala Balitjestro Dr.Ir. Joko Susilo Utomo, MP.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk belajar tentang budidaya jeruk dan lengkeng yang benar seperti disampaikan Hari kepala desa Tabuh mawakili peserta. Harapannya peserta mendapat pengetahuan mengenai inovasi teknologi jeruk dan lengkeng yang dihasilkan untuk diterapkan disana. Dengan adanya ilmu yang didapat maka petani dapat menerapkan untuk membudidayakan jeruk dan lengkeng sesuai dengan teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan. Disamping itu kegiatan ini juga untuk menggugah semangat dari warga khususnya Kecamatan Siman untuk mengembangkan jeruk dan lengkeng sesuai dengan kondisi yang ada.

Kepala Balitjestro Dr.Ir.Joko Susilo Utomo, MP  menyambut baik kegiatan ini dan mengharapkan agar para peserta dapat belajar mengenai budidaya jeruk dan lengkeng. Sebagai UPT Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian Balitjestro melakukan riset untuk menghasilkan inovasi teknologi untuk mendukung pengembangan agribisnis jeruk dan buah subtropika di Indonesia. Dengan dukungan teknologi diharapkan budidaya jeruk dan lengkeng di Kecamatan Siman dapat terwujud. Untuk itu para peserta diharapkan mempelajari ilmu yang di dapat dengan sungguh-sungguh.

Peserta sedang mempraktekkan budidaya lengkeng di lahan
Peserta sedang mempraktekkan budidaya lengkeng di lahan

Kemudian para petani juga diberi materi perbenihan jeruk bebas penyakit yang disampaikan Setiono, SP.. Kemudian disampaikan pula teknologi budidaya jeruk sehat oleh Ir. Sutopo, M.Si dan teknologi budidaya lengkeng oleh Buyung Al Fanshuri, SP. Selain mendapatkan materi peserta juga melakukan praktikum budidaya jeruk dan lengkeng di lapang.

Dengan adanya kegiatan ini inovasi teknologi Balitbangtan dapat diaplikasikan oleh para peserta didaerah. Selanjutnya dapat ditularkan kepada masyarakat disana khususnya Kecamatan Siman dan wilayah sekitarnya.

2 Comments

  • Balitjestro sebagai institusi pusat selalu aktif pak… namun dukungan serius dari pemda sangat kami butuhkan. Dari pihak petani pun diharapkan bisa langsung mengakses kami secara langsung melalui website ini atau media sosial lainnya.

Tinggalkan Balasan