Belajar Tabulampot, Kader Lingkungan Kampung Gerabah Kunjungi Balitjestro

Lima puluh orang kader lingkungan hidup dari Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang mengunjungi Balitjestro, kemarin Rabu, 18/04/2018. Dwi Hermawan Purnomo, selaku Lurah Penanggungan menyampaikan maksudnya berkunjung untuk belajar budidaya tabulampot di Balitjestro. Kelurahan Penanggungan ini dijuluki “Kampung Gerabah” karena sejak dahulu banyak warganya yang memproduksi gerabah tanah liat.

PLH Kabalai, Wisnu Unjoyo, menyambut baik kunjungan tersebut dengan memberikan kata sambutan dan menyampaikan sekilas Profil Balitjestro. Setelah itu dilanjutkan penjelasan oleh Setiono mengenai usaha tanaman buah-buahan dalam wadah/tempat yang terbatas yang dikenal dengan Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot). Pemilihan materi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan lahan pertanian di perkotaan yang pada umumnya semakin lama semakin menyusut luasannya akibat terjadi pergeseran fungsi lahan menjadi pemukiman penduduk, pertokoan, perkantoran, atau fasilitas umum lainnya. Selain itu dijelaskan pula tentang keuntungan budidaya tabulampot, pemilihan pot, benih, dan media tumbuh, serta budidaya tabulampot seperti cara tanam dan pemeliharaannya.

Selanjutnya para peserta kunjungan turun ke lapangan untuk melihat langsung cara budidaya tabulampot khususnya tanaman jeruk. Dengan kegiatan kunjungan ini diharapkan dapat menambah wawasan serta memberikan informasi yang cukup kepada para kader lingkungan hidup dalam membuat tabulampot di lingkungan mereka. (Trifena)