Belajar Perbenihan dan Budidaya Jeruk, Distanhortbun Limapuluh Kota Kunjungi Balitjestro

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Kabupaten Limapuluh Kota,Provinsi Sumatera Barat mengadakan kunjungan lapang ke Balitjestro, Kamis 27/04/2017.  Kegiatan yang diikuti 12 peserta yang terdiri dari petugas dan perwakilan gapoktan ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu tentang perbenihan dan budidaya jeruk.

Kabupaten Limapuluhkota dikenal dengan varietas jeruk Siam Gunung Omeh sebagai produk unggulan. Jeruk ini mempunyai keunggulan akan ukuran jeruknya yang lebih besar dibanding jeruk siam lainnya dan rasanya yang manis dan warnanya yang menarik yang berwarna kuning.

Kunjungan lapang ini diterima oleh Ir Nurhadi, M.Sc koordinator program Balitjestro. Kemudian  disampaikan tentang berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (balitbangtan) dalam mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika di Indonesia. Inovasi tersebut telah banyak digunakan oleh petani dalam mengelola usaha taninya.

Selanjutnya petugas dan petani mengunjungi Kebun Percobaan (KP) Banaran untuk melihat inovasi teknologi yang diterapkan dalam budidaya jeruk. Disini dapat dilihat penerapan teknologi budidaya antara lain cara mempercepat  pembungaan, pengendalian hama penyakit, pemupukan serta pemeliharaan rutin lainnya.

Kemudian kegiatan diteruskan dengan mengunjungi Kebun Percobaan (KP) Punten untuk melihat proses perbenihan disana. Di KP ini petugas dan petani dapat belajar tentang teknologi dalam menghasilkan benih jeruk bebas penyakit.

Dengan kegiatan ini harapannya petugas dan petani dapat mengadopsi teknologi yang dihasilkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian untuk mengembangkan jeruk di daerahnya. Penerapan teknologi penting untuk menjaga tanaman untuk tetap sehat dan berproduksi dengan baik. Selain itu akan mampu mengendalikan serangan hama dan penyakit yang menyerang jeruk sehingga umur produksi akan lebih lama dan berimbas pada peningkatan pendapatan petani. (fjr)