Varietas jeruk seedless terbaru

Untuk mendukung pengembangan agribisnis jeruk nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balitjestro berupaya menciptakan varietas baru untuk mensubstitusi buah impor khususnya jeruk.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menghasilkan varietas yang berbiji sedikit (seedless) untuk memenuhi permintaan masyarakat. Varietas tersebut dari berbagai jenis baik Keprok, Lemon maupun Pamelo.

Soe 86 Agrihorti

Keprok SoE merupakan salah jenis varietas unggul jeruk nasional yang memiliki tampilan warna menarik yaitu oranye. Buah ini  memiliki rasa yang manis dengan sedikit rasa asam segar.

Keprok SoE86 Agrihorti  memiliki keunggulan utama yaitu berbiji sedikit atau seedless. Selain itu  warnanya yang oranye dengan rasa manis dengan sedikit asam segar. 

Jeruk ini memiliki tingkat kemanisan 9,3 – 10°brix dengan kandungan vitamin C 39,6 – 48 mg/100gr. Ukuran buahnya 85 – 142 gr/buah.  Jeruk ini cocok ditanam di dataran tinggi

Montaji Agrihorti

Selanjutnya dari jenis lemon yaitu Montaji Agrihorti. Tipe jeruk ini dapat tumbuh baik di media tumbuh terbatas seperti pot sebagai tabulampot atau di lapang.

Sebagai tanaman tambulampot dia rajin berbuah sepanjang tahun dengan produksi 8-13 kg/pohon/pot. Keunggulan buah ini adalah kulitnya yang tipis serta kandungan jus tinggi. Ciri lain dari buah ini adalah tanpa biji atau seedless.

pamindo Agrihorti

Kemudian varietas unggul baru jeruk pamelo yang telah terdaftar adalah Pamindo Agrihorti. Buah ini hasil dari mutasi sinar gamma.

Sekilas jeruk ini mirip dengan jeruk pamelo yang ada dipasaran, namun apabila dibelah terlihat perbedaan yaitu jumlah biji sedikit dan warna daging buahnya yang merah dengan tekstur yang lembut.

Kandungan Vit C dari jeruk ini 34,40-58,02mg/100gr dengan kandungan gulanya 8-10,6°brix, serta berat buah rata-rata 660-1470 gr/buah.

Dengan adanya varietas unggul baru ini nantinya diharapkan mampu berkembang sesuai dengan agroklimat dan menjadi unggulan nasional untuk bersaing dengan jeruk impor. (af)

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah