Balitjestro Terima Kunjungan Studi Banding Pusat Inovasi Agro Teknologi (PIAT) UGM

img201612070823241

Dalam rangka peningkatan kapasitas pegawai, Pusat Inovasi Agroteknologi (PIAT) Universitas Gajah Mada melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro), Rabu, 07/12/2016.

PIAT UGM yang sebelumnya bernama Kebun Pendidikan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (KP4) ini memiliki konsep dasar sebagai wahana untuk transfer pengetahuan (Transfer of knowledge), ketrampilan (Transfer of skills) dan nilai-nilai luhur (Transfer of values) di bidang pertanian terpadu dengan praktek langsung di lapangan untuk para mahasiswa, dosen, pelajar, peneliti, wisatawan dari berbagai manca negara maupun tamu dari dalam negeri seperti Perguruan Tinggi, Sekolah-sekolah, pemerintahan, peneliti, masyarakat maupun stakeholders lainnya.

PIAT UGM mengirimkan pegawainya yang  terdiri dari Sekretaris PIAT UGM, Petugas Rumah Kaca & Kawat, serta 3 orang Petugas Pertanian & Kebun untuk studi banding mengenai pengelolaan tanaman jeruk dan buah subtropika di Balitjestro. Kunjungan ini diterima dan disambut baik oleh Ir. Emi Budiyati selaku Plh Kepala Balitjestro yang dilanjutkan oleh penjelasan profil dan materi dari Ir. Sutopo, MSi.

Peserta kunjungan sangat antusias dalam mendengarkan penjelasan dan berdiskusi dengan Ir. Sutopo, MSi. Mereka tertarik untuk mengembangkan tanaman jeruk, dan berharap dengan studi banding ini dapat mengatasi permasalahan yang ada, dimana tanaman jeruk di lahan PIAT UGM pertumbuhannya masih kurang baik bahkan mati. Hal ini dikarenakan para petugas pertanian & kebun kurang mendapatkan informasi dan kurang berpengalaman dalam budidaya tanaman jeruk. Ir. Sutopo memberikan penjelasan secara lengkap mulai dari perbenihan, budidaya, hama & penyakit, pascapanen hingga peluang agribisnis jeruk. Untuk lebih memperjelas materi, para peserta kunjungan dibawa ke kebun Balitjestro untuk melihat tanaman jeruk di lapang sembari melanjutkan diskusi. (trifena)

Agenda

no event