Balitjestro Terima Kunjungan Lapang Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Boyolali

Dinas Ketahanan Pangan  Pemerintah Kabupaten Boyolali mengadakan orientasi lapang di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika, Rabu/27/09/2017.

Tujuan dari kegiatan yang diikuti oleh  80 orang peserta yang terdiri dari petugas dan kelompok wanita tani ini adalah untuk belajar tentang budidaya jeruk yang benar. Beberapa tahun yang lalu di beberapa daerah di Boyolali juga terdapat tanaman jeruk namun mulai habis terkena serangan penyakit. Sehingga dengan pengetahuan tentang budidaya jeruk yang benar rencana membangkitkan jeruk kembali dapat berjalan.

Kunjungan lapang ini diterima oleh Ir. Otto Endarto, M.Si peneliti Balitjestro. Kemudian  disampaikan tentang berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (balitbangtan) dalam mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika di Indonesia.

Teknologi sangat diperlukan untuk pengembangan jeruk. Dengan teknologi yang tepat akan mendukung keberhasilan pengembangan jeruk. Balitbangtan telah memiliki inovasi teknologi jeruk yang dikenal dengan Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS)

Penerapan teknologi penting untuk menjaga tanaman untuk tetap sehat dan berproduksi dengan baik. Selain itu akan mampu mengendalikan serangan hama dan penyakit yang menyerang jeruk sehingga umur produksi akan lebih lama. (fjr)