Balitjestro Terima Kunjungan dari Spice and Baverage Research Institute, Chinese Academy of Tropical Agricultural Sciences

Balitjestro menerima kunjungan internasional dari China yaitu Prof. Hwang dari Spice and Baverage Research Institute, Chinese Academy of Tropical Agricultural Sciences. Turut beserta rombongan adalah dosen dari Universitas Brawijaya, Malang, Jumat (11/10)

Rombongan diterima oleh Kepala Balitjesto Dr. Ir. Harwanto, M.Si dan pertemuan dihadiri oleh seluruh peneliti Balitjestro.

Kedatangan Prof. Hwang ke Balitjestro dalam rangka menjajaki kerjasama penelitian dengan Balitjestro. Keahlian yang dimiliki adalah mengenai hama penggerek batang (stem borer) yang ada di jeruk.

Dalam pertemuan ini, Balitjestro menyampaikan kemajuan dan capaian penelitian dan pengembangan jeruk dan buah subtropika yang telah dilakukan Badan Litbang Pertanian mulai dari dukungan program pemerintah untuk pengembangan kawasan jeruk dan variteas unggulan baru.

Dalam penjelasannya, Prof Hwang menjelaskan perkembangan jeruk yang ada di China, di mana hampir di setiap kota di China mempunyai jeruk yang khas. China juga mengalami masalah akibat serangan Huanglongbing (HLB) yang sangat serius. Namun, saat ini sudah lebih terkendali. Berbagai cara dikembangkan untuk menangani HLB yaitu dengan pemilihan benih bebas HLB dan mencari musuh alami dari Diaphorina citri, vektor penyebar HLB.

Penanganan pascapanen yang sudah dilakukan di China sudah cukup bagus dengan menyediakan cold storage. Dan saat ini China sudah berhasil mengekspor jeruk ke berbagai negara, khususnya Asia Tenggara.

China dikenal sebagai penghasil terbesar jeruk jenis mandarin dan tangerine dengan jumlah 17 juta ton dan penghasil ke-2 jeruk orange setelah Brazil dengan produksi 8,4 juta ton di tahun 2018. (hanif)

Agenda

no event