Balitjestro Terima Kuliah Lapang Mahasiswa ITS

Rabu 12/04/2017, Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) menerima kunjungan kuliah lapangan 128 mahasiswa semester 4 Departemen Statistika, Fakultas MIPA dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Di awal kegiatan, Dr. Sutikno MSi, selaku dosen pendamping menyampaikan maksud kunjungan mereka ke Balitjestro yaitu dalam rangka penerapan ilmu statistika dalam dunia kerja, khususnya Mata Kuliah Desain Eksperimen.

Kunjungan ini diterima oleh Ir. Agus Sugiyatno MP, mewakili Kepala Balitjestro dan dilanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai profil Balitjestro.  Kemudian disampaikan tentang sejarah dan tugas pokok Balitjestro dan sekilas mengenai berbagai varietas tanaman jeruk, apel, anggur, lengkeng, stroberi yang merupakan mandat Balitjestro. Selain itu juga dijelaskan beberapa inovasi teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan dalam mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika di Indonesia.

Selanjutnya mahasiswa diberi penjelasan mengenai desain eksperimen oleh perwakilan Kelompok Peneliti (Kelti) di Balitjestro yaitu Agus Sugiyatno dari Kelti Ekofisiologi, Susi Wuryantini dari Kelti Hama Penyakit Tanaman, serta Baiq Dina Mariana dari Kelti Pemuliaan Tanaman.

Masing-masing perwakilan dari Kelti menjelaskan rancangan apa saja yang dipakai para peneliti Balitjestro untuk menganalisis hasil penelitiannya. Setelah itu mahasiswa dipandu menuju kebun untuk mendengarkan penjelasan lebih dalam mengenai budidaya tanaman dan penelitian yang dilakukan Balitjestro.

Dengan kegiatan kunjungan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan berpikir mahasiswa mengenai penerapan teori yang telah dipelajari pada mata kuliah desain eksperimen dalam dunia kerja, khususnya di bidang pertanian. Walaupun saat ini di Balitjestro sedang berlangsung renovasi gedung, namun hal tersebut tidak menghalangi niat para mahasiswa untuk belajar di Balitjestro dan akhirnya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. (Trifena)