Balitjestro Tambah Koleksi Plasmanutfah Stroberi

plasmanutfah stroberi balitjestro (1)Stroberi koleksi Balitjestro pada 2013 berjumlah 23 asesi. Pada tahun 2014 ini penambahan koleksi didapatkan dari eksplorasi di Pacet, Mojokerto. Berbekal informasi yang didapatkan dari mahasiswa PKL, tim plasmanutfah Balitjestro berusaha menghubungi bu Hani, seorang pengusaha yang mempunyai Lab Kultur Jaringan berstandar Eropa di Pacet Mojokerto.  Sebagai seorang yang menyukai tanaman, berbagai tanaman hias dapat kita jumpai di kantornya. Stroberi adalah salah satu tanaman yang dikoleksi  dan dikembangkan untuk wisata dan pendidikan.

Pondok Stroberi yang didirikannya dan dibuka untuk umum, menyediakan  berbagai menu berbahan stroberi. Beberapa varietas yang sudah ditanam dan menjadi wisata petik adalah Chandler, Rosalinda, Sweet Charlie dan Erlybright. Tanaman stroberi tersebut tampak berjajar rapi dalam polybag dengan rak bambu. Tanaman ini dapat dipetik dua kali seminggu.

Pondok Stroberi bu Hani di Pacet dan berbagai koleksi tanaman hias di salah satu screenhouse-nya

 

Pada eksplorasi ini, tim plasmanutfah stroberi mendapatkan 5 varietas  baru yang berasal dari Jepang. Sehingga saat ini koleksi plasmanutfah stroberi di Balitjestro berjumlah 28. Program pemanfaatan sumber daya genetik (SDG) yang mulai ditata dan dirapikan menuntut agar koleksi  plasmanutfah yang ada dapat dmanfaatkan semaksimal mungkin. Pengelolaan plasmanutfah stroberi dimulai pada tahun 2010. Dokumentasi  keunggulan karakter menjadi kunci bagi pemulia sebagai bahan persilangan untuk mendapatkan varietas unggul hasil silangan.

Dengan tambahan 5 koleksi ini (Suntory Honki, Love Berry, Akihime, Ichigo Nae Priscillia dan Deep Rose), untuk menghindari hilangnya koleksi karena rusak oleh serangan OPT dan berbagai faktor lainnya, plasmanutfah stroberi mulai melakukan perbanyakan melalui kultur jaringan di laboratorium. Saat ini tercatat 15 dari 28 koleksi yang sudah bisa diperbanyak dan akan menggantikan koleksi lama yang berasal dari sulur dan anakan. Balitjestro berusaha untuk terus menambah koleksi plasmanutfah stroberi dan buah subtropika lainnya, terutama yang mempunyai karakter unggul. Informasi yang datang dari mahasiswa, peneliti, dosen dan masyarakat sangat dinanti dan akan diverifikasi oleh tim sebelum dilakukan eksplorasi. Berikut ke-28 nama varietas stroberi koleksi tim plasmanutfah Balitjestro;

Batu, 18 Mei 2014

__

 

Update  >> 18 Februari 2015

Koleksi plasma nutfah stroberi di lapang pada 2014 menemui banyak kendala, salah satunya diakibatkan oleh serangan hama dan penyakit. Banyak koleksi mati, terutama yang jumlahnya hanya 1-2 tanaman. Tanaman hasil eksplorasi yang berjumlah 1-2 tanaman tidak semuanya bisa berkembang dengan baik sampai akhir tahun. Oleh karena itu dihapuskan dari koleksi plasma nutfah. Dari 28 di awal tahun, di akhir tahun 2014 menjadi 23 aksesi + 10 aksesi yang masih dikembangkan dari biji. Berikut naka-nama koleksi plasma nutfah stroberi Balitjestro;

  1. Dorit
  2. Osogrande
  3. Rosa Linda
  4. Santung
  5. Testytreet
  6. Holland
  7. California
  8. Nenas
  9. Chandler
  10. Erlybrite
  11. Aerut
  12. Lokal Brastagi
  13. Tristar
  14. Selva
  15. Festival
  16. Holibert
  17. SalsaAnna
  18. Sweet Charlie
  19. Lokal Batu
  20. Suntory Honki
  21. Yasai Dorce Berry
  22. Aiberi Okiina Ichigo (Love Berry dari Aichi Prefecture)
  23. Deep Rose

Catatan:

  • + 10 Koleksi pada Desember 2014 dalam bentuk biji (9 aksesi dan 1 stolon)
  • Penyebutan nama stroberi di berbagai daerah yang berbeda, menyebabkan beberapa aksesi terindikasi sama, oleh karena itu akan dilakukan analisa DNA untuk memastikannya.

sumber: zainuri hanif

Related Post

Tinggalkan Balasan