Balitjestro Tambah Koleksi Plasma Nutfah Jeruk

plasmanutfah jeruk Plasma Nutfah Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) menambah koleksinya dengan 8 varietas baru (7 jeruk dan 1 lengkeng). Jika di akhir tahun semua tambahan ini berbeda karakter dan jenisnya dengan jeruk yang sudah ada, koleksi plasma nutfah jeruk Balitjestro bertambah menjadi 235 aksesi/varietas jeruk.

 Tim plasma nutfah yang terdiri dari Emi Budiyati, Anis Andrini, Sri Andayani dan Jati pada Kamis, 7 Agustus 2014 melakukan Eksplorasi di Bunder Hortikultura tepatnya di Jalan Wisanggeni, Dusun Bunder Wagir, Desa Sidorahayu, Kecamatan Wagir, Malang, Jawa Timur.

Bunder Hortikultura merupakan nurseri yang memproduksi bibit buah-buahan lokal unggul dan mancanegara varietas terbaru dalam ukuran polybag dan tabulampot. Bunder Hortikultura mempunyai beberapa koleksi buah seperti Mangga, Black sapote, Alpukat, Ara, Jambu Biji, Jambu Air, Jeruk, Buah Naga, Srikaya dan Atomoya, Lengkeng dan lain-lain.

Varietas jeruk yang diperoleh oleh tim plasma nutfah ada 7 varietas jeruk dan 1 varietas lengkeng. Ke-7 varietas jeruk yang 4 varietas berupa tanaman dan yang 3 varietas berupa  entress, adapun deskripsi 4 varietas jeruk sbb:

Tabel Hasil Eksplorasi Jeruk 2014

1. Red Center lime

   Jeruk ini merupakan hasil silangan antara Finger lime dan Citrus reticulata. Jeruk ini mempunyai karakterstik ukuran daunnya kecil, bunga dengan mahkota berwarna ungu, ukuran buah kecil dan apabila masak warna buah berwarna kemerahan/keunguan.

2. Sweet Orange

Jeruk Sweet Orange yang dimaksud berasal dari Taiwan. Jeruk ini menurut pemilik Bunder Hortikultura rasanya manis dan buah yang masak berwarna merah muda/kemerahan. Balitjestro belum mempunyai jenis jeruk manis yang berwarna merah sehingga jenis jeruk ini memperkaya keragaman jeruk manis di Balitjestro.

Sweet Orange
Sweet Orange

3. Pamelo Madu Pamelo

Madu awalnya diduga sebagai pamelo bageng. Namun demikian menurut pemilik nurseri, pamelo ini mempunyai cita rasa manis tanpa getir dan berbeda dengan pamelo bageng.

Pamelo Madu
Pamelo Madu

4. Pamelo Cina

Pemelo Cina mempunyai bentuk seperti lonceng dengan warna daging buah kuning menyala.

5. Pamelo Merah Delima

Berdasarkan informasi, Pamelo ini mempunyai warna daging buah merah tua dan rasanya sangat manis.

6. Sweet Lime asal Banyuwangi

7. Santang

Menurut pemilik nurseri, jenis jeruk Santang yang dimilikinya berbeda dengan jenis jeruk santang yang terdapat di desa Sidomulyo Batu. Berdasarkan hal tersebut, tim plasma nutfah mengambil bibit jeruk ini.

Selain jeruk tim plasma nutfah juga mendapatkan 1 jenis lengkeng yaitu Lengkeng Putih Hawai. Berdasarkan informasi pemilik nurseri, kulit buahnya berwarna putih, bijinya kecil sekali hanya sebesar kacang hijau, kadang tidak ada bijinya.

Lengkeng Putih Hawai
Lengkeng Putih Hawai

 

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event