Balitjestro Siap Jalin Kerjasama Kembangkan Jeruk Keprok di Temanggung

Jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Temanggung mengadakan kunjungan ke Balitjestro untuk konsultasi pengembangan jeruk dengan diikuti 10 peserta, Senin 11/9/2017.

Menurut Ir. C. Masrik Amin Zuhdi, MM Kepala Dinas Pertanian, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merintis rencana kerjasama pengembangan tanaman jeruk untuk konservasi lahan dan mendukung agrowisata di Temanggung.

Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mempunyai wilayah dengan dataran tinggi dan pegunungan. Dengan kondisi ini beberapa komoditas hortikultura dapat dikembangkan di sini seperti sayur, tanaman hias dan buah yang sesuai lokasi.

Kunjungan ini diterima oleh Koordinator jasa penelitian Ir. Agus Sugiyatno, MP. Kemudian dijelaskan sekilas tentang profil Balitjestro yang meliputi tupoksi dan inovasi teknologi yang dihasilkan untuk mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika. Berbagai inovasi tersebut telah didiseminasikan di daerah-daerah untuk diadaptasi petani.

Kondisi wilayah Temanggung yang hampir sama dengan Kota Batu cocok untuk pengembangan jeruk dataran tinggi. Varietas jeruk dataran tinggi antara lain Jeruk  Keprok Batu 55, Keprok Gayo, Siam Madu, Keprok Tawangmangu, dan masih banyak lagi varietas yang adaptif dataran tinggi.

Dengan adanya rencana pengembangan jeruk di Temanggung Balitbangtan melalui Balitjestro siap mendukung dan menjalin kerjasama dengan inovasi teknologi jeruk untuk diterapkan dalam pengelolaannya. (fjr)